sign up SIGN UP

LIFE

Buat Kamu yang Hobi Main Catur, Begini Manfaat Catur untuk Kemampuan Kognitif

Rumaysha Milhania | Senin, 05 Apr 2021 16:30 WIB
Buat Kamu yang Hobi Main Catur, Begini Manfaat Catur untuk Kemampuan Kognitif
caption

Permainan catur adalah permainan yang terkenal di seluruh dunia. Setidaknya, kamu pasti pernah bermain atau melihat orang bermain catur. Lalu, mengapa orang-orang rela mencurahkan waktu seperti itu untuk bermain catur?

Tidak bisa dipungkiri, bermain catur memang sudah terbukti melibatkan tantangan intelektual yang intens. Inilah yang membuat catur sangat baik untuk perkembangan kognitif. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari bermain catur yang tidak boleh kamu sepelekan.

Permainan catur adalah permainan yang terkenal di seluruh dunia. Setidaknya, kamu pasti pernah bermain atau melihat orang bermain catur.
Bermain Catur/ Sumber: Freepik.com

Catur mengembangkan kemampuan untuk melihat perspektif orang lain

Pemain catur yang terampil belajar mengantisipasi gerakan lawan selanjutnya. Untuk bisa memenangkan permainan, pemain catur harus memprediksi apa yang akan dilakukan lawan selanjutnya. Ia juga harus mengembangkan kemampuan untuk mengadopsi perspektif orang lain dan menyimpulkan tindakan apa yang akan mereka lakukan.

Catur meningkatkan daya ingat

Para pemain catur profesional terbukti memiliki keterampilan memori yang kuat. Permainan ini melibatkan kemampuan menghafal berbagai kombinasi gerakan dan peluang-peluang dari strategi yang mereka rencanakan. Menarik juga untuk dicatat bahwa pecatur berpengalaman menunjukkan kinerja yang lebih tinggi terkait dengan ingatan.

Para pemain catur profesional terbukti memiliki keterampilan memori yang kuat. Permainan ini melibatkan kemampuan menghafal berbagai kombinasi gerakan dan peluang-peluang dari strategi yang mereka rencanakan.
Bermain Catur/ Sumber: Freepik.com

Catur meningkatkan kecerdasan

Orang dengan sering bermain catur memiliki kemampuan berpikir yang sangat berkembang di dua area, yaitu:

  • Kecerdasan fluida: Ini adalah kemampuan untuk mempertimbangkan jenis masalah baru dan menggunakan penalaran untuk menyelesaikannya.
  • Kecepatan pemrosesan: Ini adalah kemampuan untuk dengan cepat memahami tugas dan merespons tantangan secara efisien.

Catur meningkatkan kreativitas

Para peneliti di sebuah sekolah di India menguji keterampilan berpikir kreatif dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih bermain catur, dan kelompok lainnya tidak. Hasilnya, siswa yang bermain catur mendapat nilai lebih tinggi pada tes. Peneliti menyimpulkan bahwa catur meningkatkan kemampuan siswa untuk melatih pemikiran yang berbeda dan kreatif.

Para peneliti di sebuah sekolah di India menguji keterampilan berpikir kreatif dua kelompok siswa. Satu kelompok dilatih bermain catur, dan kelompok lainnya tidak. Hasilnya, siswa yang bermain catur mendapat nilai lebih tinggi pada tes
Manfaat Bermain Catur/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari bermain catur. Tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri mengisi waktu luang dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat, khususnya untuk berkembangan kognitif. Para orangtua juga bisa mulai mengajarkan anak bermain catur sejak dini untuk memancing perkembangan kognitif yang lebih baik.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id