sign up SIGN UP

LIFE

Buat Kamu yang Suka Keju, Ini Dampak Buruknya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Kiki Herlina | Selasa, 29 Sep 2020 14:15 WIB
Buat Kamu yang Suka Keju, Ini Dampak Buruknya Jika Dikonsumsi Berlebihan
caption

Keju merupakan salah satu makanan favorit yang dikonsumsi oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan makanan ini cukup laris di pasaran. 

Ada berbagai macam kandungan gizi pada keju, seperti protein, kalsium, lemak, dan kandungan gizi lainnya. Kandungan gizi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Tapi, mengkonsumsi keju berlebihan tidak baik, Ladies. Ada beberapa kandungan di dalam keju yang mengakibatkan dampak negatif untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Menimbulkan Jerawat

Terlalu sering makan keju bisa menimbulkan jerawat.
Menimbulkan Jerawat/ Foto: Pinterest.com

Keju merupakan produk susu yang diolah dan mengandung hormon progesteron cukup tinggi. Hormon tersebut bekerja untuk meningkatkan kelenjar penghasil lemak pada tubuh.

Jika kamu berlebihan dalam mengkonsumsi keju, maka secara otomatis produksi minyak akan meningkat. Dampaknya akan cepat menimbulkan jerawat berkala di kulit wajah. Waspadai, ya.

2. Menyebabkan Stroke, Penyakit Jantung, dan Kolesterol 

Keju mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Dimana hal tersebut mengundang banyak gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan juga stroke jika dikonsumsi terlalu sering.
Menyebabkan Stroke, Jantung, dan Kolesterol/ Foto: Pinterest.com

Cita rasa gurih yang dihasilkan dari keju berasal dari lemak jenuh. Masalahnya, jenis lemak ini tidak terlalu baik untuk kesehatan tubuh.

Efek negatifnya adalah mengundang berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit stroke, jantung, dan kolesterol. Gangguan kesehatan tersebut bisa lebih parah jika kamu terus mengonsumsi keju secara berlebihan. 

3. Menimbulkan Gangguan Pencernaan 

Kandungan laktosa yang ada pada keju mampu membuat perut cepat bergas dan begah.
Menimbulkan Gangguan Pencernaan/ Foto: Pinterest.com

Kamu juga bisa terkena gangguan pencernaan jika mengonsumsi keju secara berlebihan. Hal ini didukung dengan adanya kandungan laktosa yang cukup tinggi pada keju. Kandungan tersebut menimbulkan rasa kembung dan banyak gas jika dikonsumsi secara berlebihan. 

4. Risiko Obesitas

Para pecinta keju rata-rata memiliki resiko obesitas yang cukup tinggi, dibanding dengan yang mengkonsumsi secara wajar.
Terserang Obesitas/ Foto: Pinterest.com

Dampak selanjutnya mengonsumsi keju berlebihan adalah risiko obesitas. Para ahli gizi sepakat bahwa keju bisa meningkatkan risiko obesitas 2 kali lebih cepat dibanding jenis makanan lainnya.

Kandungan kalori danlemak jenuh yang cukup padat pada keju menjadi faktor utamanya. Butuh olahraga ekstra untuk membakar kalori keju yang mengendap pada tubuh. 

5. Tekanan Darah Tinggi

Keju memiliki kandungan garam yang cukup tinggi. Jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan, hal tersebut bisa mengundang resiko tekanan darah tinggi.
Tekanan Darah Tinggi/ Foto: Pinterest.com

Rasa asin sekaligus gurih yang ada pada keju menjadi faktor utama penyebab risiko tekanan darah tinggi. Keju memiliki kandungan garam yang cukup besar sehingga berisiko tekanan darah tinggi. Jika tidak ingin mendapat risiko ini, lebih baik hindari konsumsi keju yang berlebihan ya, Ladies.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id