sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan 9 Cara Mudah Ini untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Intan Dwi | Kamis, 10 Sep 2020 07:00 WIB
Lakukan 9 Cara Mudah Ini untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
caption

Ada beberapa cara sederhana yang orang-orang lewatkan untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Meskipun sederhana dan sepele tapi cara-cara ini ternyata sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mengeringkan tangan dan menarik napas.

Dilansir dari Prevention, berikut ini cara mudah untuk menjaga kesehatan.

Keringkan Tangan

tangan yang lembab lebih rentan terhadap kuman dan bakteri.
Keringkan Tangan/freepik.com

Dikondisi saat ini pasti kamu jadi semakin rajin cuci tangan untuk menghindari bakteri dan kuman yang menempel di tangan. Seperti diketahui untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik, tapi kamu juga membutuhkan 20 detik lagi untuk mengeringkannya. Karena tangan yang lembap lebih rentan terhadap kuman dan bakteri.


Mengatasi Nyeri Punggung

Saat kamu duduk tapi posisi agak membungkuk, otot dan ligamen di punggung bisa tegang
Mengatasi Nyeri Punggung/freepik.com

Saat kamu duduk tapi posisi agak membungkuk, otot dan ligamen di punggung bisa tegang dan butuh kerja dua kali untuk membuat kamu tetap seimbang. Karena itu coba atasi sakit punggung dengan duduk di kursi, tangan di paha dan bahu ke bawah.

Kemudian tarik bahu ke belakang dan remas bilahnya tahan selama lima detik. Lakukan latihan ini tiga sampai empat kali sehari untuk memperkuat otot punggung dan mengurangi nyeri punggung.

Kumur Selama 30 detik

kumur setidaknya selama 30 detik bisa membersihkan semua gigi, karena obat kumur sendiri memiliki sifat antibakteri.
Kumur Selama 30 detik/freepik.com

Melakukan kumur setidaknya selama 30 detik bisa membersihkan semua gigi, karena obat kumur sendiri memiliki sifat anti-bakteri. Kamu bisa melakukan ini kapan saja, tapi waktu yang baik untuk kumur adalah sebelum tidur. Karena saat tidur mulut akan lebih kering yang memungkinkan bakteri berkumpul dan merusak sebagian gigi.

Konsumsi Secangkir Teh

minum teh hijau setidaknya tiga kali seminggu dikaitkan dengan 25% lebih rendah terkena resiko penyakit jantung dan stroke.
Konsumsi Secangkior Teh/freepik.com

Bagi kalian penggemar teh pasti senang mengetahui kalau mengkonsumsi teh bisa menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk teh hijau. Menurut sebuah studi di European Journal of Preventive Cardiology, minum teh hijau setidaknya tiga kali seminggu dikaitkan dengan 25% lebih rendah terkena resiko penyakit jantung dan stroke.

Rutin Lari

Berlari setidaknya satu menit sehari bisa menjaga kesehatan tulang 4% lebih baik dibandingkan dengan berlari kurang dari satu menit.
Rutin Lari/freepik.com

Berlari setidaknya satu menit sehari bisa menjaga kesehatan tulang 4% lebih baik dibandingkan dengan berlari kurang dari satu menit. Melakukan kegiatan ini sangat penting, karena setelah menopause manusia akan kehilangan kepadatan mineral tilang sekitar 1% setahun. Jadi dengan rutin berlari selama satu menit setiap hari bisa membalikkan penurunan sekitar empat tahun ini.

Lakukan Pernapasan Dalam

cara ini kamu bisa menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta meningkatkan mood kamu.
Lakukan Pernapasan Dalam/freepik.com

Melakukan tarik napas dalam hitungan dua hingga detik sambil fokus tarik napas, kamu bisa pikirkan hal-hal positif seperti yang kamu inginkan dalam waktu dekat. Dengan cara ini kamu bisa menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta meningkatkan mood kamu.

Bodyweight Workout

Squat memperkuat kaki kamu, meningkatkan mobilitas pinggul, pergelangan kaki, dan tulang belakang dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh
Bodyweight Workout/freepik.com

Jika kamu tidak memiliki waktu untuk berolahraga, bisa lakukan body-weight squats. Menurut Alex Robles, M.D, seorang dokter, pelatih dan pendiri The White Coat Trainer, squat memperkuat kaki kamu, meningkatkan mobilitas pinggul, pergelangan kaki, dan tulang belakang dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

"Saat melakukan ini pastikan tumit rata di lantai, punggung lurus dan pinggul terbuka sehingga lutut sejajar dengan kaki. Jika kamu seorang pemula lakukan 25 squat dalam satu menit," katanya.

Redupkan Lampu

bisa meningkatkan produksi hormon melatonin, dimana hormon ini memiliki efek yang menenangkan.
Redupkan Lampu/freepik.com

Setelah matahari terbenam, ada baiknya untuk meredupkan lampu dibeberapa ruangan dalam rumah kamu. Cara sederhana ini bisa meningkatkan produksi hormon melatonin, dimana hormon ini memiliki efek yang menenangkan.

Olesi Kulit dengan Lotion

olesi beberapa bagian tubuh dengan lotion karena itu merupakan tempat umum terjadinya beberapa jenis kanker kulit.
Olesi Kulit dengan Lotion/freepik.com

Seusai mandi pagi ada baiknya untuk mengoleskan lotion dengan SPF ke beberapa bagian tubuh, seperti tangan, wajah, leher dan telinga. Karena beberapa bagian tubuh itu merupakan tempat umum terjadinya beberapa jenis kanker kulit. Jadi sangat penting untuk mengoleskannya dan jangan sampai terlewat ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id