sign up SIGN UP

Bukan Hanya Vitamin C, Ini 5 Jenis Vitamin Lainnya untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Novianty Aulia | Senin, 05 Jul 2021 20:15 WIB
Bukan Hanya Vitamin C, Ini 5 Jenis Vitamin Lainnya untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh
caption

Vitamin menjadi salah satu kebutuhan yang tentunya wajib untuk dipenuhi. Selain guna menyempurnakan kebutuhan tubuh, vitamin juga diperlukan untuk menjaga sistem pertahanan agar tidak mudah terserang penyakit. Hal ini tentunya semakin penting, mengingat kondisi pandemi covid-19 yang dapat dengan mudah mengancam kekebalan imunitas tubuhmu.

Meskipun segala jenis vitamin pada dasarnya memiliki manfaat yang sangat baik, tetapi ada yang perlu didahulukan di antara semuanya. Ini karena pada beberapa vitamin tersebut, dianggap memiliki kemampuan yang lebih baik dalam meningkatkan metabolisme serta imunitas tubuh.

Nah, kira-kira apa aja sih vitamin yang dapat menjaga imunitas?

Berikut Beautynesia telah merangkum 5 vitamin yang wajib kamu penuhi dalam menjaga kondisi tubuh. Yuk simak artikel berikut ini!

1. Vitamin D

Menjalankan fungsi metabolisme serta kalsium membuat vitamin D penting untuk dikonsumsi.
Vitamin D bantu jalankan metabolisme serta ketahanan tubuh/Foto:Freepik.com/Whatwolf


Vitamin D menjadi kebutuhan paling esensial yang harus dipenuhi. Berperan dalam menjalankan fungsi metabolisme serta kalsium, membuat vitamin D sangatlah penting untuk di konsumsi. Kinerja otot serta saraf juga akan terjaga dengan baik sehingga tubuh senantiasa dalam keadaan sehat dan kuat. 

Beauties, jika kamu kesulitan dalam mengonsumsi vitamin berupa tablet, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa sumber vitamin D lainnya. Dilansir dari situs NHS, vitamin D sebenarnya bisa didapatkan dari beberapa makanan sehari-hari seperti pada telur, ikan hingga daging.

Kamu juga dapat memanfaatkan sinar matahari pagi sebagai sumber alami untuk pemenuhan vitamin D. Pilihlah waktu antara jam 09.00 sampai 10.00 pagi untuk berjemur. Jika kamu berjemur di atas jam 10.00, usahakan untuk tidak berlama-lama karena dapat membahayakan kesehatan kulit. 


2. Vitamin E

Tak hanya bantu jaga kesehatan kulit, vitamin E juga mengandung antioksidan sebagai pelindung kekebalan tubuh.
Vitamin E dapat melindungi sel darah serta organ tubuh/Foto: Freepik.com/Chormail


Tak hanya baik untuk kesehatan kulit, vitamin E juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kekebalan tubuhmu lho, Beauties. 

Ya, vitamin E dipercaya menjadi kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana tidak? vitamin yang satu ini terbukti kaya akan kandungan antioksidan yang berperan sebagai pelindung dalam tubuh. Sel-sel serta organ dalam juga akan ikut terlindungi, sehingga terhindar dari risiko kerusakan akibat virus serta bakteri. 

Nggak cuma itu Beauties, pasalnya mengonsumsi asupan vitamin E secara rutin juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Peningkatkan jumlah sel darah putih dapat membawa manfaat baik salah satunya sebagai penangkal dari penyakit. Tubuhmu pun akan selalu fit dan tidak mudah terserang virus serta penyakit lainnya.

3. Vitamin B6

Meskipun jarang terdengar, vitamin B6 juga mampu tingkatkan metabolisme tubuh.Melindungi syaraf dan metabolisme tubuh dengan vitamin B6/Foto:Freepik.com/Xb100


Meskipun namanya jarang disebut, vitamin B6 nyatanya juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan deretan vitamin lainnya. 

Pada dasarnya, vitamin B6 berfokus pada perlindungan sistem syaraf, sel serta metabolisme tubuh. Menjadi salah satu dari kelompok vitamin B lainnya, B6 dipercaya dapat membentuk sel darah yang sehat, serta mempertahankan kondisi sel tersebut agar terhindar dari ancaman kerusakan. 

Tergolong sebagai pridoksin, vitamin B6 dapat larut dalam air sehingga bisa kamu konsumsi dengan mudah. Hal ini jugalah yang membantu tubuhmu untuk dapat melepaskan vitamin B6 melalui urin, sehingga mengurangi risiko terjadinya kelebihan vitamin yang justru berdampak buruk.


4. Vitamin C

Rutin mengonsumsi vitamin C dapat membantu tingkatkan metabolisme dan bersihkan saluran pernapasan.
Paru-paru bersih hingga peningkatan imunitas dengan konsumsi vitamin C/Foto:Freepik.com/Elen_Heilen


Studi dari The National Institues of Health tahun 2017 menyebutkan bahwa vitamin C dapat memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap ketahanan tubuh. Fungsi yang ditawarkan oleh vitamin C, berperan sebagai antioksidan yang menjadi pelindung utama dari ancaman berbagai virus jahat. 

Manfaat baik lainnya dari vitamin C yakni mengobati serta mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan. Selain itu juga dapat menghindari penyempitan pada saluran paru-paru, sehingga sirkulasi udara dapat masuk serta keluar dengan mudah. Hal ini tentunya penting untuk diperhatikan mengingat kondisi penyebaran virus covid-19 yang menyerang sistem pernapasan. 


5. Vitamin A

Selain jaga kesehatan mata, vitamin A juga dapat menghadang masuknya bakteri.
Vitamin A mampu menjaga kekebalan tubuh/Foto:Freepik.com/Wirestock


Selain dikenal sebagai pelindung mata, vitamin A ternyata juga dinilai bagus dalam menjaga kekebalan tubuh, lho

Dilansir dari Healthline, vitamin A berpengaruh penting terhadap sistem pertahanan alami dari tubuh. Vitamin ini mampu menghadang segala bakteri serta virus berbahaya yang dapat masuk ke dalam tubuh.

Aliran dalam darah juga senantiasa bersih karena dilindungi oleh sel putih yang mengalami peningkatan dalam jumlah banyak. Rutin mengonsumsi vitamin A juga menjadi sebuah langkah dalam mengurangi risiko tubuh terjangkit infeksi.

Hal ini juga berlaku pada proses pemulihan yang cepat ketika sehabis sakit, sehingga terhindar dari recovery atau kesembuhan yang cenderung membutuhkan waktu lama. 

Yuk beauties, mulailah rutin mengonsumsi vitamin agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari ancaman virus berbahaya!

 

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id