sign up SIGN UP

Cara Mudah Agar Payudara Kencang dan Nggak Kendor

Ratih Dewi | Senin, 04 Oct 2021 06:45 WIB
Cara Mudah Agar Payudara Kencang dan Nggak Kendor
caption

Memiliki payudara kencang dan sehat menjadi impian semua perempuan. Sebagai salah satu aset penting bagi perempuan, tidak sedikit perempuan melakukan beberapa cara, seperti menjalani operasi untuk membuat payudara lebih kencang ataupun lebih besar, untuk memperindah penampilan.  

Banyak faktor yang membuat payudara kendur seperti genetik, hamil, menyusui, berat badan, atau lainnya. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang mudah dan alami yang bisa membuat payudara kencang tanpa melakukan operasi, semoga membantu! 

1. Rutin Memijat Payudara

Rutin Memijat Payudara
Rutin Memijat Payudara/Foto : pexels.com/cottonbro

Memijat area payudara secara rutin bisa meningkatkan aliran darah dan memproduksi kolagen yang bisa mengencangkan otot di sekitar payudara, mendorong pertumbuhan jaringan, dan merangsang hormon anti-penuaan seperti prolaktin, oksitosin, dan estrogen. 

Menurut profesor Tim Murrell, departemen Kedokteran di University of Adelaide menjelaskan, memijat payudara bisa melawan kanker payudara. "Stimulasi puting susu mendorong aliran darah dan meningkatkan produksi hormon perempuan yang mendorong sel untuk mengeluarkan bahan kimia penyebab kanker payudara," ujarnya. 

2. Perhatikan Postur Tubuh

Perhatikan Postur Tubuh
Perhatikan Postur Tubuh/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki

Postur tubuh yang tegak dan tidak membungkuk bisa memberikan pengaruh ke payudara untuk tetap tertarik. Jika tidak menjaga postur tubuh dan membungkuk, dalam jangka panjang payudara bisa mengendur dan menurun. 

Melansir dari laman Healthline, bagi beberapa orang mungkin cukup sulit menjaga tubuh tetap tegak, namun jika sudah terbiasa, postur tubuh akan membaik. Pastikan kaki memijak di tanah, hindari duduk atau berdiri dalam posisi yang lama. Berdiri tegak dengan bahu ditarik ke belakang dan lutut sedikit ditekuk. 

3. Menggunakan Bra yang Tepat

Menggunakan Bra yang Tepat
Menggunakan Bra yang Tepat/Foto : pexels.com/cottonbro

Bra dengan ukuran yang tepat tidak hanya membuat kita menjadi nyaman ketika memakainya, tetapi juga mempengaruhi kesehatan dan bentuk payudara kita. Jika terlalu ketat, aliran darah tidak akan lancar dan kalau terlalu longgar tidak bisa menopang payudara dengan baik. 

Gunakan bra sesuai dengan aktivitas, misalkan kamu sedang berolahraga, gunakan sport bra supaya lebih nyaman. Saat tidur di malam hari, disarankan menggunakan bra yang tidak terlalu ketat. Melansir dari laman Brightside, menggunakan bra sepanjang waktu bisa membuat otot dada lemah dan menyebabkan payudara menjadi mengendur. 

4. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Tidak Merokok dan Minum Alkohol
Tidak Merokok dan Minum Alkohol/Foto : pexels.com/Maria Orlova

Kebiasaan merokok bisa mengurangi aliran darah dan oksigen ke kulit, sehingga menyebabkan elastisitas kulit menjadi menurun yang menyebabkan payudara mengendur, juga munculnya kerutan dini, dilansir dari laman Huffpost

Sama halnya dengan alkohol, kebiasaan mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan payudara kendur dan terasa berat. Alkohol juga bisa membuat kulit dan rambut kamu menjadi kering, sehingga kerutan dan uban bisa muncul pada usia muda. 

5. Perhatikan Pola Makan yang Sehat

Perhatikan Pola Makan yang Sehat
Perhatikan Pola Makan yang Sehat/Foto : pexels.com/Kaboompics .com

Melansir dari laman Detik Health, makanan yang kita konsumsi bisa mempengaruhi produksi kolagen di kulit yang menjaga elastisitas kulit, termasuk area payudara menjadi kencang. Sayuran seperti bayam, kale, ubi jalar mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kulit di area payudara. 

Selain itu, makanan yang mengandung mineral, nutrisi, vitamin E juga baik untuk memproduksi kolagen yang membuat kulit lebih kencang. Jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi air putih setiap hari secukupnya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id