sign up SIGN UP

Stretch Mark pada Ibu Hamil Bisa Dihilangkan, Begini Caranya Menurut Dokter Kandungan

Fina Prichilia | Minggu, 03 Oct 2021 11:30 WIB
Stretch Mark pada Ibu Hamil Bisa Dihilangkan, Begini Caranya Menurut Dokter Kandungan
caption
Jakarta -

Kondisi lagi hamil jelas akan mengalami sejumlah perubahan pada fisik. Salah satunya adalah stretch mark atau guratan halus.

Meski wajar, tapi sejujurnya bisa memengaruhi rasa kepercayaan diri banyak perempuan. Kalau kamu salah satunya, nggak perlu khawatir berlebihan dulu, Beauties.

Pasalnya menurut dr. Ferry Darmawan SpOG, stretch mark memang normal muncul pada ibu hamil, namun bisa dihilangkan, lho!

"70 persen stretch mark muncul di area perut dan beberapa lainnya ada di bagian payudara, paha, dan bokong," kata dalam acara MOMAMI MOM Virtual Launching, Jumat (1/10).

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Ilustrasi ibu hamil makan telur dan minum susuIlustrasi ibu hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Natthapon Muttabunnakarn/detikcom

dr. Ferry melanjutkan, Perubahan tekstur kulit ini dapat kembali halus seperti semula setelah melahirkan, tetapi ada juga yang menetap. Bila melihat data statistik, sebanyak 50% tanda ini hilang dengan sendirinya, seiring berjalannya waktu dan 50% tetap ada.

Meski begitu, stretch mark ini masih bisa diusahakan untuk hilang, bila kamu rutin melakukan perawatan. Yakni dengan mengoleskan lotion atau krim pelembap kulit. 

"Pada beberapa kasus, stretch mark lama menghilangnya, karena itu saya menyarankan ibu hamil mulai menjaga kelembapan kulit dengan memakai lotion atau krim di usia kehamilan 5-7 bulan," ujar dr. Ferry.

Sebenarnya pemakaian pelembap ini bukan cuma akan mencegah munculnya stretch mark, tetapi juga mengurangi rasa gatal karena kondisi kulit yang kering.

Oh ya, menurut dr. Ferry, rata-rata orang Asia yang berkulit putih cenderung lebih banyak yang mengalami stretch mark ketimbang yang berkulit sawo matang, Beauties.


Pelembap untuk Atasi Stretch Mark pada Ibu Hamil

Rangkaian produk MomamiRangkaian produk Momami/ Foto: Dok. Momami

Pada waktu bersamaan, Momami mengenalkan beberapa produk yang bisa digunakan ibu hamil dan menyusui, di antaranya ada Glowing Mama Stretch Mark Serum, Belly Butter Stretch Mark Stream, Nursing Butter Nipple Balm, dan Me Moment Massage Oil.

"Mengandung dan menyusui merupakan suatu masa yang sangat istimewa bagi seorang Ibu. Namun di momen ini juga banyak terjadi perubahan, secara fisik dan emosional seperti perubahan ukuran payudara dan perut yang mulai membesar dan gatal. Momami ingin terlibat dan menjadi teman terbaik mendampingi Ibu pada momen spesial ini dengan menghadirkan 4 produk khusus untuk Ibu yang bebas alkohol, bebas paraben, sudah bersertifikat halal dan Badan POM, hypoallergenic serta telah teruji secara dermatologis," ujar Lina Paulina, Vice President Momami.

Semua produk Momami bisa kamu temui di jalur distribusi offline maupun online seperti gerai Mothercare dan gerai bayi lainnya, atau lewat e-commerce Momami di Tokopedia dan Shopee.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id