sign up SIGN UP

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan, Nggak Sampe 5 Menit!

Nubira Maisty | Sabtu, 09 Oct 2021 09:00 WIB
Cara Mudah Menurunkan Berat Badan, Nggak Sampe 5 Menit!
caption

Kamu sudah mencoba berbagai cara untuk diet tapi berat badanmu tidak kunjung turun? Atau kamu pernah merasa ada di momen dimana berat badanmu sudah turun namun sangat cepat untuk kembali naik lagi? Kamu wajib membaca solusi di tulisan ini sampai akhir!

Mengurangi berat badan dapat dilakukan jika program diet berjalan efektif.
Weight Loss/Sumber: Unsplash.com

Metabolisme dan keadaan tubuh setiap manusia berbeda-beda. Itu sebabnya, kita juga tidak bisa menyamakan pola makan bahkan pola diet satu sama lain. Hal yang paling pertama dan utama dilakukan adalah, kenali tubuhmu dengan baik!

Kamu bisa medical check up di klinik kesehatan untuk mengetahui bagaimana keadaan tubuhmu sebelum kamu bisa memilah pola diet yang tepat sehingga hal-hal yang kamu lakukan menjadi efektif dan tidak sia-sia.

Kondisi berat badan seseorang dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari gen, gaya hidup, pola makan dan tidur hingga hormon dalam tubuh. Ketika berbicara soal gen, tentu saja sangat sulit untuk merubah hal itu. Tetapi, kita bisa mengendalikannya dari faktor-faktor lain seperti gaya hidup, pola makan dan tidur serta hormon.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hormon berperan sangat penting dalam penurunan hingga peningkatan berat badan seseorang. Banyak orang terkecoh dan meremehkan hal ini selama diet sehingga dietnya menjadi tidak efektif.

Orang-orang terpatok pada mindset dimana diet hanya sebatas mengurangi makan dan memperbanyak olahraga. Nyatanya, terdapat hal yang lebih kompleks daripada kedua poin tersebut. Yap! Hal yang lebih kompleks itu adalah hormon.

Nafsu makan dapat disebabkan oleh hormon.
Peningkatan Nafsu Makan/Sumber: Unsplash.com

Faktanya, terdapat sebuah hormon yang dikenal dapat mempengaruhi peningkatan nafsu makan. Hormon tersebut adalah hormon ghrelin. Hormon ghrelin diproduksi tubuh saat kita sedang kekurangan gula darah, lambung kosong atau bahkan karena sekedar melihat makanan dan minuman yang menggiurkan.

Hormon ghrelin inilah yang sering menggagalkan diet kita. Tapi kamu tidak perlu khawatir! Hormon ghrelin ini dapat dilawan dengan hormon penahan nafsu makan yang disebut hormon leptin. Lantas bagaimana cara tubuh memproduksi hormon leptin?

Teh rooibos adalah teh herbal dengan tampilan berwarna merah.
Teh Merah Rooibos/Sumber: Unsplash.com

Tentu saja dengan makan untuk mengisi kebutuhan perutmu. Kamu bisa mengatur jenis makanan yang masuk ke tubuhmu agar berat badanmu tetap terjaga. Ketika perut sudah terisi, bagian otak yang bernama hipotalamus, akan membentuk sinyal leptin dan menyuruh tubuh untuk menurunkan bahkan menghilangkan nafsu makan.

Agar lebih maksimal, kamu juga wajib mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu merangsang dan meningkatkan kadar leptin pada tubuh. Salah satu contohnya yaitu teh rooibos. Teh rooibos merupakan teh herbal berwarna merah yang hanya mampu tumbuh di Afrika Selatan.

Teh ini sudah diteliti mampu meningkatkan kadar leptin karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan khususnya dengan jenis polifenol, yang meliputi flavonoid dan asam fenolik mampu merangsang dan meningkatkan kadar leptin sehingga ampuh dalam mengurangi nafsu makan dan memaksimalkan dietmu.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id