sign up SIGN UP

LIFE

Cegah dan Obati dengan 5 Cara Ini Saat Mengalami Mata Kering

Intan Dwi | Senin, 12 Oct 2020 17:00 WIB
Cegah dan Obati dengan 5 Cara Ini Saat Mengalami Mata Kering
caption
Jakarta -

Bagi orang-orang yang menghabiskan waktunya menatap komputer, mata akan cepat kering. Memang ini merupakan hal yang cukup umum terjadi. Tapi jika tidak cepat diatasi, akan mengganggu penglihatan kamu. Berikut ini cara mencegah dan mengobati mata kering.

Jangan Takut Menggunakan Tetes Mata

Tetes mata merupakan cara brilian dan mudah untuk membantu melumasi mata kamu saat dibutuhkan.
Jangan Takut Menggunakan Tetes Mata/freepik.com

Tetes mata merupakan cara brilian dan mudah untuk membantu melumasi mata kamu saat dibutuhkan. Tapi tetap hati-hati saat membelinya, karena enggak semua tetes mata diformulasikan untuk mengobati mata kering. Ada beberapa produk tetes mata yang emang diformulasikan untuk mengurangi kemerahan. Jadi tanyakan kepada apoteker atau dokter, produk mana yang terbaik untuk mata kamu.


Minum Banyak Air

Air putih memang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menghidrasi tubuh kita, seperti kulit dan mata.
Minum Banyak Air/freepik.com

Dehidrasi tidak hanya membuat tubuh lemas dan kulit kering, rupanya mata kering juga disebabkan karena kita kurang minum air. Air putih memang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menghidrasi tubuh kita, seperti kulit dan mata. Jadi minum banyak air adalah salah satu cara agar mata tetap terhidrasi dan membantu mata kita memiliki kelembapan yang dibutuhkan. Usahakan minum sekitar 8-10 gelas air sehari untuk hasil yang terbaik!

Minum Vitamin

Flaxseed oil dan fish oil mengandung asam lemak penting yang bisa membantu mencegah mata kering.
Minum Vitamin/freepik.com

Flaxseed oil dan fish oil mengandung asam lemak penting yang bisa membantu mencegah mata kering. Selain itu, dua minyak ini juga bisa mengobati gejala berbahaya seperti rasa terbakar, gatal, kemerahan dan perih.

Manfaatkan Kekuatan Panas

Panas bisa membantu merangsang kelenjar untuk memproduksi lebih banyak minyak yang berarti air mata alami kamu tidak akan menguap dengan cepat.
Manfaatkan Kekuatan Panas/freepik.com

Panas bisa membantu merangsang kelenjar untuk memproduksi lebih banyak minyak yang berarti air mata alami kamu tidak akan menguap dengan cepat. Ini juga bisa membantu membuka saluran air mata kamu sehingga kamu bisa menghasilkan lebih banyak air mata untuk melumasi mata. Gunakanlah lap hangat di mata kamu selama sekitar 10 menit untuk meredakan gejala mata kering.

Berkedip

lupa berkedip biasanya terjadi saat kamu sedang berkonsentrasi pada sesuatu untuk waktu yang lama, seperti nonton TV, main gadget dan baca buku.
Berkedip/freepik.com

Meskipun ini terdengar sedikit aneh, tapi kamu akan terkejut betapa seringnya kamu lupa untuk berkedip. Biasanya hal ini terjadi saat kamu sedang berkonsentrasi pada sesuatu untuk waktu yang lama, seperti nonton TV, main gadget dan baca buku. Kegiatan-kegiatan itu membuat kamu tidak berkedip sebanyak yang seharusnya, artinya kamu tidak melumasi mata. Jadi, selalu pastikan untuk membiasakan mata kamu berkedip.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id