sign up SIGN UP

LIFE

7 Olahraga yang Dapat Tingkatkan Kesehatan Mental

Henny Alifah | Kamis, 17 Sep 2020 09:00 WIB
7 Olahraga yang Dapat Tingkatkan Kesehatan Mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Pexels.com

Sebagian besar dari kita mengalami peningkatan stres dan juga kecemasan selama masa pandemi, yang mana akan mengganggu kesehatan mental jika terus dibiarkan. Salah satu hal yang digadang-gadang dapat meningkatkan kesehatan mental adalah olahraga. Harus diakui, kegiatan fisik ini memang memiliki banyak pengaruh positif, termasuk dapat membuat pikiran lebih jernih. 

Selain bagus untuk fisik, yang mana nantinya akan meningkatkan kekebalan tubuh, inilah tujuh olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental.

1. Jalan kaki

jalan kaki merupakan salah satu olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Pexels.com

Olahraga yang paling simpel, mudah, dan murah untuk dilakukan, jalan kaki. Meski terlihat sepele, jalan kaki selama sepuluh menit di alam bebas diketahui bagus untuk kesehatan mental, sebagaimana yang dikatakan Clinical Hypnotherapist Jacqueline Hurst kepada Get The Gloss.


Menurut Jacqueline, menggerakkan tubuh dengan cara yang mudah dan menyenangkan adalah cara terbaik untuk memulai olahraga. Membuat target olahraga berat justru kadang malah membuat kita kewalahan dan tidak dapat mencapainya.

2. Yoga

yoga dapat meningkatkan kesehatan mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Pexels.com

Gerakan lembut dalam yoga dikenal luas sebagai sesuatu yang menenangkan. Gerakan yoga menggunakan pernapasan, dan ini bagus untuk kesehatan mental, sebagaimana yang dikatakan Victoria Woodhall, pelatih yoga sekaligus Direktur Editorial Get The Gloss.

Menurut Victoria, menarik napas dalam-dalam yang panjang dan dalam waktu lama dapat memotong semua putaran pikiran buruk yang terus menghantui. Napas yang tenang akan menempatkan sistem saraf ke mode istirahat sehingga kita bisa lebih rileks. Selain itu, yoga juga menempatkan tubuh melalui semua bidang gerakan dan membantu kita melihat sesuatu dari sudut baru dalam pose yang menarik.

3. Renang

renang merupakan salah satu olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Pexels.com

Jacqueline menyebutkan adanya peningkatan kesehatan mental pada kliennya yang menambahkan waktu sepuluh menit untuk berenang dalam rutinitas hariannya. Namun, ia tetap menekankan bahwa hal yang terpenting adalah apakah kita menikmatinya atau tidak. Jika kita tidak suka berada di dalam air, ia menganjurkan untuk segera keluar dari dalam air mencoba sesuatu yang lain.

4. HIIT

gerakan plank bisa dimasukkan dalam rangkaian olahraga HIIT yang kemudian bisa meningkatkan kesehatan mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Pexels.com

HIIT juga diyakini sebagai olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental. Olahraga HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi singkat, mulai dari 5-20 menit. Karena gerakannya intens, pikiran jadi fokus ke olahraga yang positif alih-alih terus merasa cemas.

Meski cuma sebentar, olahraga ini efeknya luar biasa untuk tubuh. Beberapa gerakan untuk pemula yang bisa dicoba yaitu

  • jumping jack selama 1 menit
  • plank selama 30 detik
  • squat thrust selama 1 menit
  • plank lagi selama 30 detik
  • squat jump selama 30 detik
  • ladder exercise selama 1 menit
  • sit up selama 1 menit
  • dan berjalan santai untuk proses pendinginan selama 3 menit

Ingatlah untuk istirahat selama 10 detik setiap selesai melakukan satu gerakan, sebelum berlanjut ke gerakan berikutnya. Ulangi rangkaian gerakan tersebut ini hingga mencapai target 20 menit, dan jangan lupa selingi istirahat selama 2 menit.

5. Bersepeda

bersepeda dapat menjadi olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Pexels.com

Bisa dibayangkan, mengendarai sepeda dengan bebas dan sentuhan angin yang lembut di rambut akan turut menyapu segala kekhawatiran yang ada. Pikiran buruk pun menjauh. Yup, bersepeda bisa menenangkan jiwa dan raga.

6. Zumba

zumba dapat menjadi olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Freepik.com

Zumba yang melibatkan gerak aktif mengikuti alunan musik juga bisa jadi olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental. Senam ini terasa menyenangkan sehingga meningkatkan produksi hormon endorfin yang meningkatkan rasa bahagia. Kesehatan tubuh dan mental pun dapat meningkat.

7. Dance

dance dapat meningkatkan kesehatan mental
Olahraga untuk Meningkatkan Kesehatan Mental/ Foto: Pexels.com

Bukan sepenuhnya olahraga, tetapi dance atau kegiatan menari dapat menjadi aktivitas fisik yang bagus untuk kesehatan mental. Kalau kamu tidak enjoy melakukan zumba, dance bisa jadi alternatif. Menarilah dengan gerak yang menyesuaikan seleramu, dengan iringan musik K-Pop kesukaanmu.

Seperti zumba, dance juga berkaitan dengan kebahagiaan. Bahkan meskipun kita dalam kondisi yang tidak terlalu bahagia, kita bisa mengikuti gerakan dance yang energik dan itu bisa melepas stres.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id