sign up SIGN UP

LIFE

Enak dan Sehat, Ini 5 Manfaat Madu Bagi Tubuh

Jovita | Rabu, 14 Oct 2020 19:00 WIB
Enak dan Sehat, Ini 5 Manfaat Madu Bagi Tubuh
caption

Madu merupakan bahan makanan alami yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Ada banyak cara yang bisa Beautynesian pilih untuk mengonsumsi madu, misalnya dengan menjadikannya pemanis dalam masakan, dicampur dengan teh untuk dijadikan minuman, atau bisa juga dijadikan sebagai dessert.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam madu, antara lain fruktosa mencapai 38,5%, dan glukosa mencapai 31%.  Selain itu, ada juga kandungan asam askorbat, asam pantotenat, niacin dan riboflavin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat madu bagi tubuh.

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Madu Dapat Perkuat Kekebalan Tubuh/ Foto: Pixabay.com
Madu Dapat Perkuat Kekebalan Tubuh/ Foto: Pixabay.com

Manfaat madu bagi tubuh yang pertama adalah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian di School od Medicine, Cardiff University, Inggris, madu dinilai dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam cairan manis ini juga dinyatakan dapat meningkatkan metabolisme dan stamina tubuh. Selain itu, madu juga mampu mendetoks bakteri penyebab penyakit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Madu Dapat Sembuhkan Luka/ Foto: Pixabay.com
Madu Dapat Sembuhkan Luka/ Foto: Pixabay.com

Meskipun terlihat sederhana, ternyata madu juga dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka bakar. Manfaat madu bagi tubuh tersebut sudah dirasakan sejak zaman mesir kuno.

Khasiat ini bukan isapan jempol belaka, setidaknya sudah ada 26 penelitian yang menunjukkan bahwa madu sangat efektif untuk menyembuhkan luka bakar dan luka parsial yang terinfeksi setelah operasi. Para peneliti percaya, khasiat ajaib madu berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya.

3. Mengatasi insomia

Madu Membantu Atasi Insomia/ Foto: Pexels.com
Madu Membantu Atasi Insomia/ Foto: Pexels.com

Untuk Beautynesian yang mengalami gangguan tidur, sebaiknya mulai mencoba untuk konsumsi madu sebelum tidur. Menurut penelitian, madu dapat melepaskan serotonin. Di dalam tubuh, serotonin akan diubah menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur kualitas tidur seseorang. Salah satu cara mengonsumsi madu untuk mengatasi insomia yaitu dengan menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu hangat atau ke dalam secangkir teh.

4. Mengobati batuk

Madu Dapat Mengobati Batuk/ Foto: Pixabay.com
Madu Dapat Mengobati Batuk/ Foto: Pixabay.com

Di masa pandemi seperti saat ini, batuk menjadi salah satu penyakit yang mengerikan. Sebenarnya saat batuk, Beautynesian bisa menjadikan madu sebagai minuman pereda batuk. Dalam Journal Pediatrics tahun 2012 dikatakan bahwa dengan mengonsumsi dua sendok teh madu bisa membantu menyembuhkan batuk yang membandel. Hal ini dikarenakan sifat anti-mikroba dalam madu yang bisa membunuh bakteri tertentu.

5. Mencegah penyakit kanker dan jantung

Madu Dapat Cegah Penyakit Kanker dan Jantung/ Foto: Pexels.com
Madu Dapat Cegah Penyakit Kanker dan Jantung/ Foto: Pexels.com

Manfaat madu bagi tubuh yang terakhir adalah dapat mencegah penyakit kanker dan jantung. Di dalam madu, terkandung asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Kombinasi senyawa-senyawa tersebut dipercaya oleh para ilmuwan dapat memperkuat antioksidan yang dapat mencegah risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id