sign up SIGN UP

LIFE

Enjoy Your Life, Cara Agar Bisa Makan Banyak Tapi Tetap Langsing dan Sehat

Dian Aprilia | Selasa, 23 Feb 2021 09:30 WIB
Enjoy Your Life, Cara Agar Bisa Makan Banyak Tapi Tetap Langsing dan Sehat
Ilustrasi makan banyak/ Foto: pexels.com
Jakarta -

Banyak wanita yang berpikir, untuk jadi cantik, langsing dan sempurna itu harus mau berjuang, merasa sakit dan melalui berbagai pengorbanan. Seperti halnya pakai behel harus tahan ngilu dan nyeri, tampil sempurna dengan pakai heels harus tahan rasa sakit, termasuk diet harus mau ‘tersiksa’ untuk makan lebih sedikit dan membosankan.

Padahal, wanita punya daya untuk menjadi cantik, langsing dan sehat dengan cara-cara yang menyenangkan dan tidak bikin stres. Salah satunya dalam proses diet atau membentuk tubuh yang langsing dan bugar. Berikut beautynesia.id merangkum cara makan lebih banyak tapi tetap bikin badan langsing dan juga sehat:

Ubah Cara Memasak

Ayam panggang
Ayam panggang/pexels.com

Hal pertama yang bisa kamu ubah adalah cara memasak makanan. Bagi yang biasanya mengolah makanan dengan cara digoreng, kamu bisa mengubahnya dengan dipanggang, bakar, kukus, rebus, presto dan lainnya. Cara ini bisa bikin makananmu jauh lebih sehat dan rendah kalori karena tak menggunakan minyak, mentega, ataupun tepung.

“Ih lebih enak digoreng, lebih gurih.” Tinggalkan pendapat tersebut, sebab masih banyak jenis makanan yang enak dikonsumsi meski tak digoreng. Kamu bisa mengambil inspirasi dari makanan Korea, yang kecenderungannya diolah dengan dikukus, direbus dan dilengkapi dengan kuah.

Gunakan Bahan Makanan yang Sehat

Jus less sugar
Jus less sugar/pexels.com

Bahan makanan yang perlu kamu batasi pemakaiannya adalah gula, kecap, santan, garam, minyak, dan lainnya. Kamu bisa memulai dengan hal-hal kecil seperti memesan kopi, jus, atau minuman lainnya dengan pilihan less sugar atau tidak pakai gula sama sekali.

Apabila harus mengolah makanan dengan minyak, pastikan untuk memilih minyak sehat, seperti VCO, minyak zaitun atau minyak wijen.

Atur Komposisi Makanan

Komposisi makanan
Komposisi makanan/pexels.com

Hitung jumlah kalori yang kamu konsumsi. Gunakan aturan komposisi makanan dengan telapak tangan, yakni telapak tangan sebagai acuan porsi protein, kepalang tangan jadi acuan porsi sayur dan buah, satu tangkup tangan sebagai acuan porsi karbohidrat dan ibu jari jadi acuan porsi lemak.

Apabila ingin menambah asupan makanan, lebih baik perbanyak komposisi protein dan serat. Selain membuat kenyang lebih tahan lama, kedua makanan tersebut bisa dibakar dengan mudah agar tak jadi lemak dan meningkatkan berat badan.

Olahraga Rutin

Workout
Workout/pexels.com

Jangan jadikan olahraga sebagai beban, justru olahraga adalah salah satu kebutuhan penting untuk kesehatan mental dan juga fisik. Oleh sebab itu, olahraga adalah rutinitas yang penting untuk kamu lakukan secara teratur. Olahraga dengan intensitas yang berat dan padat, bakal bikin fisik kamu bugar, kalori dikeluarkan lebih banyak, dan jauh dari stres.

Lakukan olahraga bersama pasangan, teman, atau kerabat, agar olahraga jadi kegiatan yang menyenangkan dan tak membosankan.

Nah itulah 5 hal yang bikin kamu bisa makan lebih banyak tapi tetap langsing. Selain itu kelima hal itu juga tidak menyiksa atau malah bikin stres tapi membuat kualitas hidupmu meningkat dan lebih baik lagi. Selamat mencoba, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id