sign up SIGN UP

LIFE

Fakta Menarik Susu A2, Diklaim Lebih Sehat dari Susu Biasa

Pavita Sevilla | Rabu, 21 Jul 2021 09:00 WIB
Fakta Menarik Susu A2, Diklaim Lebih Sehat dari Susu Biasa
Foto: Fakta Menarik Susu A2, Diklaim Lebih Sehat dari Susu Biasa/Freepik.com

Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung banyak sumber nutrisi penting untuk tubuh, seperti protein, kalsium, kalium, fosfor, zinc, vitamin B2 dan B12. Maka tidak heran jika susu banyak dikonsumsi oleh segala usia dan menjadi salah satu minuman sehat.

Sekarang ini, susu pun sudah banyak jenisnya, salah satunya yaitu susu A2. Susu A2 adalah susu sapi yang hanya mengandung A2 beta-casein. Susu ini bahkan diklaim sebagai susu sehat yang menawarkan manfaat lebih dari susu biasanya.

Jika susu biasa saja sudah sehat, lalu bagaimana dengan susu A2? Apa klaim lebih sehat tersebut benar?

Beauties, untuk menjawab rasa penasaranmu, langsung saja kita simak fakta-fakta menarik susu A2 yang telah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini. Simak yuk!

1. Hanya Mengandung A2 Beta-casein

Susu A2 hanya mengandung A2 beta-casein/pixabay.com/pezibear
Susu A2 hanya mengandung A2 beta-casein/pixabay.com/pezibear

Dilansir dari healthline, kandungan casein merupakan kelompok protein terbesar di dalam susu. Casein terbagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya yaitu beta-casein. Kandungan A1 dan A2 beta-casein inilah yang paling sering ditemukan di dalam kandungan susu.

Sesuai namanya, susu A2 hanya mengandung A2 beta-casein saja. Ternyata, hal inilah yang membedakan dari susu sapi biasanya yang mengandung A1 dan A2 beta-casein sekaligus.

2. Diperoleh dari Sapi Pilihan

Susu A2 diperoleh dari sapi pilihan/unsplash.com/daquima23
Susu A2 diperoleh dari sapi pilihan/unsplash.com/daquima23

Susu A2 hanya berasal dari sapi-sapi pilihan, tanpa adanya rekayasa genetik. Sapi-sapi tersebut akan diseleksi lebih dahulu dengan tes DNA untuk membuktikan bahwa sapi itu hanya akan menghasilkan susu yang mengandung A2 beta-casein saja.

Pengujian DNA sapi dilakukan dengan cara menggunakan sampel rambut. Tak hanya sampai di situ, pengujian ulang pun dilakukan pada susu yang telah dihasilkan untuk memastikan tidak ada kandungan A1 di dalamnya.

3. Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi Biasa

Alternatif susu sapi biasa/freepik.com/pressfoto
Alternatif susu sapi biasa/freepik.com/pressfoto

Mengutip Medical News Today, susu A2 disebut sebagai alternatif pengganti susu sapi biasanya. Struktur protein A2 beta-casein ini dinilai lebih sebanding dengan ASI manusia, susu kambing, dan susu domba, sehingga dianggap lebih mudah dicerna dan lebih mudah diserap nutrisinya oleh tubuh.

Hal ini juga telah dibuktikan melalui studi yang dilakukan pada orang dewasa di Tiongkok. Dengan meminum sebanyak 8 ons susu A2 dua kali sehari selama 2 minggu, hasilnya mereka tidak mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan. Tidak seperti saat mereka mengonsumsi susu sapi biasa.

4. Menjaga Kesehatan Otot, Persendian, dan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga kesehatan otot dan persendian/freepik.com/tirachardz
Menjaga kesehatan otot dan persendian/freepik.com/tirachardz

Selain tidak mengganggu pencernaan, susu A2 juga menawarkan manfaat lain, yaitu bisa menjaga kesehatan otot dan persendian.

Seperti yang telah dilansir dari CNN Indonesia, berkat kandungan A2 beta-casein, susu A2 memiliki asam amino prolin di dalamnya. Melalui asam amino prolin inilah kesehatan otot dan persendian dapat terjaga. Selain itu, A2 beta-casein juga dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. 

5. Potensi Risiko Susu A2

Mengenali potensi risiko susu A2/freepik.com/gpointstudio
Mengenali potensi risiko susu A2/freepik.com/gpointstudio

Susu A2 memiliki tingkat laktosa yang rendah, bukan berarti tidak mengandung laktosa dan protein susu sama sekali. Sehingga, untuk beberapa kasus tertentu, hal tersebut masih bisa menimbulkan efek yang tidak baik pada orang-orang dengan intoleransi laktosa, galaktosemia, atau alergi susu.

Jadi, jika kamu sebelumnya memang memiliki keluhan dengan susu sapi biasa, alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu ketika ingin mencoba susu A2. Sebab, susu jenis A2 pun bisa jadi cocok atau pun tidak dengan tubuhmu.

Nah, itu dia beberapa fakta dari susu A2. Gimana, Beauties? Kamu sendiri jadi tertarik untuk mencobanya tidak, nih?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id