sign up SIGN UP

Mudah dan Sederhana, inilah 4 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral dalam Tubuh

Rani Mutiara | Sabtu, 10 Jul 2021 13:15 WIB
Mudah dan Sederhana, inilah 4 Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral dalam Tubuh
caption
Jakarta -

Vitamin dan mineral merupakan asupan yang sangat penting bagi tubuh karena selain menjaga tubuh agar tetap sehat, vitamin dan mineral juga berfungsi dalam menjaga imunitas tubuh. Belakangan ini sedang trending tentang kejadian dimana orang-orang berebut membeli salah satu produk susu sehat untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka. Padahal untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup juga bisa dilakukan dengan berbagai cara lain. Simak 4 poin berikut tentang cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh kamu.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan Sehat Rendah Karbo | Pict : freepik.com/master1305
Makanan Sehat Rendah Karbo | Pict : freepik.com/master1305

Menurut situs kesehatan Harvard, cara terbaik untuk memastikan kamu bisa mendapatkan berbagai jenis asupan vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat yaitu dengan menerapkan pola makan sehat secara luas. Hal ini mencakup buah dan sayur, biji-bijian, kacang polong, protein lemak rendah dan juga produk susu. Makanan-makanan ini tentu saja lebih mudah ditemukan di sekitar kita dan harganya juga terjangkau.

Mengonsumsi Ikan Minimal 2 Kali Seminggu

Ikan Segar | Pict : freepik.com/drobotdean
Ikan Segar | Pict : freepik.com/drobotdean

Menurut pedoman dari NHS UK, kamu diwajibkan mengonsumi ikan paling tidak 2 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan ikan mengandung banyak jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Selain itu, jenis ikan seperti salmon dan sarden yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi juga bisa menjaga kesehatan jantungmu.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berjemur | Pict : freepik.com/freepik
Berjemur | Pict : freepik.com/freepik

Selain bagus untuk kesehatan tulang, vitamin D juga diperlukan untuk menjaga tubuh supaya tetap bugar. Selain bisa didapatkan dari makanan bergizi seperti keju, susu, telur, ikan, sayur dan sebagainya, vitamin D juga bisa diperoleh melalui aktivitas berjemur. Hal ini dikarenakan sinar matahari memiliki bahan baku dalam proses pengaktifan vitamin D pada tubuhmu. Kamu bisa berjemur sekitar pukul 9 pagi selama 5-15 menit dalam waktu 2-3 kali setiap minggunya. Hindari berjemur di atas jam 10 pagi karena sinar yang dipancarkan matahari lebih beresiko tinggi dalam membakar kulit.

Mengonsumsi Suplemen Tambahan

Mengonsumsi Vitamin | Pict : freepik.com/whatwolf
Mengonsumsi Vitamin | Pict : freepik.com/whatwolf

Selain mendapatkan vitamin dan mineral secara alami dari makanan dan sinar matahari, kamu juga bisa menambah asupan vitamin dan mineral dari suplemen tambahan. Suplemen tambahan ini biasanya dibutuhkan ketika kebutuhan akan vitamin semakin meningkat, entah itu karena sedang masa pemulihan, sedang sakit, kurang istirahat maupun karena faktor usia. Kamu bisa mengonsumsi jumlah dan jenis vitamin yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk lebih amannya, silahkan temui dokter untuk mendapatkan rekomendasi vitamin yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral supaya kesehatan dan imunitas tubuhmu tetap terjaga dengan baik. Pastikan juga bahwa vitamin yang kamu konsumsi dosisnya sudah tepat supaya tidak membahayakan tubuh. Stay fit and stay healthy, Beauties!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id