sign up SIGN UP

LIFE

Gak Melulu Obat Kimia, 5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala

Ade Irma Suryani | Sabtu, 01 Aug 2020 07:00 WIB
Gak Melulu Obat Kimia, 5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Redakan Sakit Kepala
Ilustrasi Wanita yang Sedang Sakit Kepala/Foto: Freepik.com

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang kerap dialami oleh banyak orang. Gejala yang dirasakan pun bisa ringan maupun berat.

Banyak orang yang ketika mengalami sakit kepala memilih obat-obatan kimia, padahal seperti yang kita ketahui bahwa obat kimia bisa menimbulkan efek serius bagi tubuh jika dikonsumsi jangka panjang. 

Nah, dibalik obat-obatan kimia, juga ada beberapa obat alami yang bisa membantu meredakan sakit kepala. 


1. Air Putih

Minum air putih yang cukup dapat membantu mengobati sakit kepala.
Air Putih/Foto: Freepik.com

Sakit kepala juga bisa disebabkan karena terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu, jika kamu mengalami sakit kepala karena kekurangan cairan tubuh, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup.

Air putih sendiri diketahui dapat menjadi obat alami yang dapat membantu meredakan gejala sakit kepala karena dehidrasi. Tak perlu berlebihan, kamu dapat meminum satu atau dua gelas air putih.

2. Jahe

Jahe dapat dijadikan obat alami untuk sakit kepala.
Jahe/Foto: Freepik.com

Jahe merupakan salah satu obat alami yang dapat meredakan sakit kepala seperti migrain. Hal ini dikarenakan jahe mengandung antioksidan yang kuat dan senyawa anti-inflamasi.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bubuk jahe memiliki manfaat yang sama dengan obat sumatriptan dalam mengatasi migrain. Untuk meredakan rasa sakit kepala, kamu dapat mengupas tiga iris jahe berukuran seperempat, lalu campurkan dengan teh dan rendam dengan air mendidih.

Kemudian tutup sampai 30 menit. Kamu dapat meminumnya satu atau dua kali sehari. Jika tidak ada jahe, kamu pun juga bisa menggantinya dengan jahe bubuk.

3. Cuka Apel

Cuka apel juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi sakit kepala.
Cuka Apel/Foto: Freepik.com

Siapa sangka, ternyata cuka apel juga dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala alami. Hal ini tak lain karena cuka apel mengandung kalium yang cukup tinggi, sehingga dapat meredakan sakit kepala seperti migrain.

Selain itu, menghirup uap hangat cuka sari apel diduga dapat membantu meredakan sakit kepala karena sinusitis. Sebagai obat sakit kepala alami, kamu dapat menggunakan cuka apel dengan cara mencampur satu sendok makan cuka apel dan satu sendok teh madu ke dalam segelas air, lalu minum.

4. Kopi dan Teh

Kopi dan teh yang mengandung kafein juga dapat dijadikan sebagai obat sakit kepala alami.
Kopi dan Teh/Foto: Freepik.com

Sebagai minuman yang berkafein, ternyata kopi dan teh juga dapat menjadi obat sakit kepala alami. Hal tersebut lantaran minuman berkafein memiliki sifat yang dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga dapat meredakan sakit kepala atau migrain yang terjadi karena kondisi pembuluh darah membesar. Namun, jangan sampai kamu mengonsumsi secara berlebihan ya, karena justru bisa menyebabkan sakit kepala. 

5. Minyak Esensial

Minyak esensial dapat menjadi obat sakit kepala alami
Minyak Esensial/Foto: Freepik.com

Minyak esensial seperti seperti minyak peppermint dan minyak lavender ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat alami sakit kepala. Memijat minyak peppermint ke pelipis diketahui dapat membantu mengurangi sakit kepala tegang.

Sedangkan untuk minyak lavender, hasil riset membuktikan bahwa menghirup 2-3 tetes minyak lavender yang digosokkan ke bibir atas dapat mengurangi nyeri migrain. 

Pilihan Redaksi
    (kik/kik)

    Our Sister Site

    mommyasia.id