sign up SIGN UP

Gejala dan Faktor Penyebab Alergi Pembalut yang Perlu Diwaspadai

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 05 Sep 2021 08:45 WIB
Gejala dan Faktor Penyebab Alergi Pembalut yang Perlu Diwaspadai
caption
Jakarta -

Beberapa perempuan mungkin pernah merasakan gatal atau ruam di area kewanitaan. Namun, hal ini nggak bisa kamu sepelekan ya, Beauties. Sebab, ini bisa menjadi salah satu gejala dari alergi pembalut. Munculnya alergi pembalut bisa diakibatkan karena beberapa faktor.

Yuk, simak apa saja faktor dan gejalanya berikut ini!

Bahan Kimia di Permukaan Pembalut

Hal utama yang dapat mengakibatkan alergi pembalut adalah bahan kimia yang terdapat di permbukaan pembalut.
Kesehatan organ intim/Foto: freepik/atlascompany

Hal utama yang dapat mengakibatkan alergi pembalut adalah bahan kimia yang terdapat di permukaan pembalut. Sebab, beberapa pembalut menggunakan bahan yang berbeda. Misalnya polyolefins dengan campuran zinc oxide serta petrolatum agar kulit tidak rentan iritasi saat bersentuhan dengan pembalut.

Namun, untuk beberapa orang bahan ini bisa mengakibatkan alergi.

Parfum Pada Pembalut

Pembalut KainPembalut Kain/ Foto: Henny Alifah

Untuk menghilangkan aroma menyengat darah saat haid, biasanya beberapa merek pembalut menggunakan parfum. Nah, parfum yang ada pada produk pembalut ini bisa jadi nggak cocok digunakan oleh seseorang yang memiliki kulit sensitif. Akibatnya, hal ini dapat menimbulkan ruam maupun reaksi alergi lainnya.

Bahan Absorben

Penyebab ketiga yang bisa menyebabkan alergi pembalut adalah bahan absorben di produk tersebut.
Kesehatan organ intim/Foto: freepik/user20678629

Penyebab ketiga yang bisa menyebabkan alergi pembalut adalah bahan absorben di produk tersebut. Bahan ini diletakkan di belakang permukaan pembalut dan berfungsi menahan darah menstruasi agar tidak bocor atau tembus ke celana dalam.

Bahan yang digunakan bisa berupa kapas, selulosa kayu, atau gel yang mungkin dapat menimbulkan reaksi alergi pembalut di kulit.

Gejala Alergi Pembalut

Pembalut bekas tak perlu dicuci, benarkah? / Foto: Pexels/SoraPembalut bekas tak perlu dicuci, benarkah? / Foto: Pexels/Sora/ Foto: tjitradewi

Saat mengalami alergi pembalut, gejala yang akan muncul diantaranya seperti rasa gatal yang berlebihan di daerah kewanitaan. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan sensasi terbakar atau panas di vagina, muncul lepuhan kulit, ruam atau kemerahan di sekitar vulva dan vulva menjdi bersisik atau terasa menebal.

Cara Mengatasi Alergi Pembalut

Jika kamu mengalami alergi pembalut, sebaiknya cobalah ganti merek pembalut yang biasa kamu gunakan.
Kesehatan organ intim/Foto: freepik/martyna1802

Jika kamu mengalami alergi pembalut, sebaiknya cobalah ganti merek pembalut yang biasa kamu gunakan. Sebab, bisa jadi kamu nggak cocok dengan merek tersebut. Selain itu, sering mengganti pembalut, dan menghindari celana yang terlalu ketat juga dapat mengatasi alergi pembalut.

Tapi jika masih belum dapat teratasi dengan cara ini, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter.

Nah, Beauties, itu dia gejala dan faktor penyebab alergi pembalut. Pastikan untuk menggunakan pembalut yang cocok untukmu, ya.

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id