sign up SIGN UP

Sering Sakit Kepala Saat Haid Tiba? Ternyata 3 Faktor Ini Penyebabnya

Dians Marfuah | Kamis, 02 Sep 2021 23:00 WIB
Sering Sakit Kepala Saat Haid Tiba? Ternyata 3 Faktor Ini Penyebabnya
caption

Apakah kamu sering merasa sakit kepala saat haid atau menjelang haid? Tenang aja, nggak usah sedih. Kamu nggak sendirian kok, terdapat sekitar 60 persen perempuan di luar sana yang sering sakit kepala saat haid.

Namun pertanyaannya di sini, kok bisa ya kepala terasa begitu sakit saat kita haid? Faktanya ada beberapa faktor yang bisa bikin kamu merasa pusing saat haid. Penasaran apa saja faktornya?

1. Perubahan hormon

Ilustrasi merasa pusing/Pexels.com/ Karolina Grabowska
Ilustrasi merasa pusing/Pexels.com/ Karolina Grabowska

Seperti yang kita ketahui saat perempuan haid terjadi berbagai perubahan hormon dalam tubuh yang tentunya juga menyebabkan gejala. Sebut saja, kram perut mood swing dan tentunya si sakit kepala ini. Meskipun pada dasarnya penyebab sakit kepala ada banyak pemicunya, namun umumnya sakit ini disebabkan oleh perubahan hormon.

Saat menjelang haid perubahan hormon ini disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron. Yang mana perubahan hormon inilah yang kemudian dapat berpengaruh pada senyawa kimia di dalam otak. Sebagai efeknya beberapa wanita mungkin akan merasa sakit kepala tak tertahankan saat haid atau bahkan sebelum haid. 

2. Kehilangan Banyak Darah

Sakit kepala saat haid juga bisa disebabkan karena kehilangan banyak darahPexels.com/ Liza Summer
Sakit kepala saat haid juga bisa disebabkan karena kehilangan banyak darahPexels.com/ Liza Summer

Penyebab lain dari sakit kepala di masa haid adalah banyaknya darah yang keluar. Kehilangan banyak darah sendiri rentan memicu tubuh mengalami kekurangan zat besi. Terlebih bagi perempuan yang pada dasarnya memang menderita anemiaNah, kadar zat besi yang rendah akan menimbulkan sakit kepala.

Tak hanya itu saja bahkan perempuan yang tidak mempunyai riwayat anemia tapi haidnya cukup banyak juga bisa mengalami sakit kepala loh. Karena pada dasarnya sel-sel darah merah sendiri adalah pembawa oksigen ke tubuh. Dimana jika kadar oksigen dalam tubuh kurang, otak akan memberikan signal ke tubuh kita melalui pusing.

3. Kram

Ilustrasi sakit perut/Pexels.com/cottonbro
Ilustrasi sakit perut/Pexels.com/cottonbro

Siapa nih yang sering banget merasa kram saat haid? Rupanya nih kram juga bisa memicu datangnya sakit kepala loh. Kram atau sakit perut dapat terjadi saat rahim perempuan yang berkontraksi di masa haid.

Proses ini lah yang membantu meluruhnya darah di rahim saat kita haid. Kram yang tidak terlalu berlebihan umumnya normal di alami perempuan. Tapi kalau sakit perut begitu hebat bisa-bisa juga menyebabkan pusing.

Itu dia tiga penyebab sakit kepala saat haid. Yuk share artikel ini agar banyak perempuan lain juga tahu penyebab sakit kepala di masa haid. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id