sign up SIGN UP

LIFE

Hati-Hati! Ini Bahayanya Tidur Dekat dengan Handphone

Dyah Na | Jumat, 14 May 2021 22:00 WIB
Hati-Hati! Ini Bahayanya Tidur Dekat dengan Handphone
caption

Smartphone saat ini sudah jadi benda wajib yang kita akses setiap hari. Semua hal bisa kita lakukan dengan smartphone. Mulai dari menghubungi teman, menonton film, mencari informasi, hingga membangunkan kita dengan alarm. Untuk alasan yang terakhir ini, seringkali kita menempatkan smartphone di dekat tubuh saat tidur. Padahal, tidur di dekat smartphone punya efek buruk untuk kesehatan kita, lho.

Mengganggu Siklus Tidur

Tidur setelah sahursiklus tidur/ pexels.com


Tahukah kamu kalau sinar biru (blue light) pada smartphone bisa mengganggu siklus tidur kita? Cahaya biru dari smartphone ternyata punya efek seperti sinar matahari sehingga tubuh kita akan menganggap waktu tidur masih lama. Karena itu, jam biologis tubuh bisa berubah dan mengganggu siklus tidur.

Mengurangi Kemampuan Konsentrasi

Siapa di antara kamu yang hobi memainkan smartphone hingga larut malam? Kurangnya waktu tidur karena sibuk main HP bisa membuatmu jadi kurang konsentrasi. Kamu akan sulit fokus dan akhirnya jadi keteteran mengerjakan banyak hal. Karena itu, stop main hape setidaknya 1 hingga 2 jam sebelum jam tidur kamu tiba. Gantilah kegiatan dengan membaca buku, meditasi atau mengobrol bersama keluarga sebelum tidur.

Menyebabkan Kanker Otak

Menurut sebuah studi tahun 2005 dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology, menemukan bahwa sekitar 10% pengguna merasa pusing dalam waktu satu bulan setelah konsumsi pil.ilustrasi kanker otak/ freepik.com

Sebuah penelitian membuktikan kalau ada hubungan antara paparan radiasi handphone pada meningkatnya potensi kanker otak pada manusia. Hal ini karena paparan radiasi dapat merusak dan mengubal sel pada tubuh kita. Selain itu, paparan radiasi juga bisa merusak saraf pada otak yang menyebabkan beragam gangguan kesehatan.

Bisa Meledak

Pernah enggak kamu dengar kalau handphone meledak saat di charge? Hal ini terjadi karena saat pengisian baterai, suhu handphone akan meningkat. Jika kamu meletakkan handphone di bawah bantal atau tempat lain yang membuat panas tidak bisa keluar, kama handphone bisa mengalami overheat. Kalau sudah begini, resiko handphone meledak akan semakin besar.

Ternyata ada banyak sekali bahaya yang mengintai kalau kamu masih tidur di dekat handphone. Biar tidak menimbulkan bahaya, sebaiknya mulai sekarang jauhkan handphone kamu saat tidur di malam hari, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id