sign up SIGN UP

LIFE

Sedang Merasa Down? Ikuti Cara Mudah Ini Untuk Recharge Mental

Astari Dewi Larasati | Minggu, 04 Apr 2021 19:45 WIB
Sedang Merasa Down? Ikuti Cara Mudah Ini Untuk Recharge Mental
caption

Semua orang pernah merasakan mental yang sedang down, bahkan sudah tidak semangat menjalani hari. Jika mengalami sekali-kali, hal ini termasuk dalam kategori wajar karena mental seseorang tidak terbuat dari baja, ada kalanya rasa lelah datang. Kalau itu terjadi, segala aktivitas menjadi terhambat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu melakukan hal-hal tertentu agar membantu melepas lelah dan memulihkan tenaga yang bertujuan untuk kembali ke jalur semestinya. Coba lakukan cara mudah ini untuk recharge mental diri.

Baca buku yang disukai

Melarikan diri dari kenyataan selama beberapa menit.
Freepik.com

Biasakan untuk menyimpan buku yang dapat dibaca sedikit demi sedikit ketika sedang merasa lelah. Ini akan memungkinkan untuk melarikan diri dari kenyataan selama beberapa menit. Selain itu, memberi mata istirahat agar tidak menatap layar handphone atau laptop sepanjang hari.

Lakukan hal menyenangkan

Sisihkan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
Freepik.com

Jika kalian termasuk orang workaholic yang kesulitan membiarkan diri sendiri beristirahat, coba sisihkan waktu untuk melakukan sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Mulai dari melakukan hobi, staycation, hingga pergi ke karaoke.

Menulis jurnal

Lakukan sebelum tidur sehingga hati dan otak terasa lega.
Freepik.com

Luangkan waktu hanya lima menit saja untuk menyendiri dan menuliskan beberapa pikiran dalam kepala. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan unek-unek, membantu merasa nyaman, dan tidur lebih nyenyak. Lakukan sebelum tidur sehingga hati dan otak terasa lega.

Minum secangkir kopi atau teh

Buat kopi atau teh favorit sebelum pergi melakukan aktivitas.
Freepik.com

Buat kopi atau teh favorit sebelum pergi melakukan aktivitas. Luangkan waktu untuk hirup, sesap, dan duduk. Bisa sambil melihat media sosial, menonton televisi, hingga mendengarkan musik.

Lakukan spa malam

Memberikan efek rileksasi serta recharge mental.
Freepik.com

Walaupun masker wajah bisa mengurangi sedikit stress, tapi rasanya tidak sesuai harapan. Jadi tidak ada salahnya, apabila sesekali melakukan spa malam. Matikan handphone, isi bak mandi dengan busa, nyalakan lilin, dan nikmati sambil berendam. Hal ini akan memberikan efek rileksasi serta recharge mental.

Berpartisipasi dalam kelas yoga

Pilih yang tidak mengeluarkan banyak keringat serta usaha seperti yoga.
Freepik.com

Melakukan olahraga fisik sangat bermanfaat untuk kesehatan mental. Tapi pilihlah yang tidak mengeluarkan banyak keringat serta usaha seperti yoga. Membiarkan pikiran tenang dan melarikan diri sejenak akan membuat diri nyaman daripada yang dibayangkan.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id