sign up SIGN UP

Hati-Hati Jika Kamu Keseringan Lupa, Padahal Masih Muda

Ramadhani Indah | Selasa, 27 Jul 2021 22:00 WIB
Hati-Hati Jika Kamu Keseringan Lupa, Padahal Masih Muda
caption

Pelupa kadang jadi panggilan yang disematkan ke kamu ya, Beauties? Yaa karena sedikit-sedikit lupa dimana letak kunci, lupa dimana nyimpan barang, sampai lupa mau balas chat teman.  Masih muda tapi pelupa, kadang bikin sebel ya, Beauties?

Penyebab pelupa sangat beragam, mulai dari genetik yang bisa mengarah pada salah satu penyakit umum dari demensia yaitu Alzheimer, hingga gaya hidup tidak sehat yang membuat fisik dan fungsi otak terganggu.

Alzheimer’s Indonesia menyatakan bahwa penyakit yang biasanya menyerang di usia 65 tahun ke atas pun bisa diderita oleh kaum muda berusia 30an dan 40an. Untuk usia 20an penyebab gangguan memori dan fungsi otak yang paling umum penyebabnya adalah Functional Cognitive Impairment (FCI). FCI sering terjadi pada orang usia produktif dengan pekerjaan yang padat sehingga mengakumulasi berbagai stres yang menurunkan kapasitas fungsi otak.

Berikut kita intip apa saja penyebab pelupa dan bagaimana cara mempertajam ingatan nih, Beauties!

Kurang Tidur

kekurangan jam tidur bisa menjadi salah satu penyebab pelupa
Kurang tidur penyebab pelupa/foto: freepik.com/freepik

Tidur punya peran penting dalam hidup, selama tidur tubuh akan beristirahat untuk mempersiapkan kinerjanya keesokan hari. Otak juga bekerja memproses segala informasi hari ini untuk membentuk ingatan.

Kekurangan tidur dapat memberimu resiko masalah kesehatan yang serius, seperti diabetes hingga hipertensi. Juga kehilangan kemampuan fokus belajar dan konsentrasi untuk mengerjakan sesuatu. Karena tidur diperlukan untuk mengkonsolidasikan memori dan membuatnya tertanam sehingga dapat diingat kembali.

Pekerjaan yang padat memang terkadang mengharuskan kita mengorbankan jam tidur ya, Beauties. Namun kabar buruknya, tidur tidak seperti hutang yang bisa diganti. Kualitas tidur malam yang digantikan di siang hari pastinya tidak sama. Jadi, kalau hanya begadang karena marathon nonton drakor, hentikan ya Beauties!

Minum Alkohol

minum minuman beralkohol dapat menjadi penyebab pelupa semakin parah
Minum alkohol penyebab pelupa/foto: freepik.com/jcomp

Lupa biasa terjadi setelah mengonsumsi banyak alkohol dan menjadi contoh pengaruh buruk alkohol bagi tubuh. Kondisi dimana saat mabuk orang tidak dapat mengingat apa yang telah terjadi adalah satu bukti nyata pengaruh buruk alkohol terhadap kinerja otak. Hal ini dikarenakan  konsumsi minum alkohol yang  menyebabkan otak berhenti memproses dan menyimpan informasi baru ke dalam ingatan.

Jika dilakukan dalam jangka panjang maka kerusakan pada otak akan bertambah parah dan kemungkinan efek tersebut akan terus berlangsung meskipun kamu sudah lama tidak mengonsumsi minuman keras tersebut.

Jarang Olahraga

jarang olahraga bisa jadi penyebab pelupa karena kondisi tubuh yang tidak sehat
Jarang olahraga penyebab pelupa/foto: freepik.com/jcomp

Olahraga merupakan aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan secara fisik mental(psikis). Pepatah yang mengatakan di balik tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat, memang benar adanya.

Otak manusia bekerja secara otomatis untuk memelihara kesehatannya sendiri melalui pasokan gizi dan oksigen yang cukup, yang pastinya dapat dipenuhi dengan pola hidup sehat. Aktivitas fisik dalam olahraga inilah yang mengantarkan oksigen ke otak sehingga otak dapat bekerja dengan efektif. Kemampuan otak dalam berpikir inilah yang menjadi salah satu aspek kesehatan mental yang akan dicapai dengan berolahraga secara rutin.

Cara Mempertajam Ingatan

cara mempertajam ingatan dengan permainan yang memuatmu kreatif dan inovatif
Cara mempertajam ingatan/foto: freepik.com/puzzl

Lalu, jika sudah pelupa bagaimana? Tenang Beauties, kamu bisa lakukan beberapa cara mempertajam ingatan sederhana seperti, senam otak. Lakukan permainan mengasah otak seperti, mengisi teka-teki silang, menghapal gambar dan menyusun puzzle.

Lakukan juga hobi-hobi lama kamu atau cari hobi baru yang membuatmu berkreasi dan berpikir kreatif, seperti memainkan alat musik, misalnya.

Pastikan juga untuk beristirahat dengan cukup, konsumsi makanan sehat dan hindari alkohol. Atur jadwal olahragamu setiap minggunya, olahraga yang sederhana saja asalkan kamu konsisten rutin melakukannya.

Kemudian jangan lupa untuk kelola stres dengan baik agar pelupa kamu tidak bertambah parah. Semangat berusaha ya, Beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id