sign up SIGN UP

Kiat Atasi Anak yang Bosan dan Stres Selama Belajar Online di Rumah

Octaviani | Rabu, 21 Jul 2021 08:30 WIB
Kiat Atasi Anak yang Bosan dan Stres Selama Belajar Online di Rumah
caption

Lebih dari satu tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah, tak heran bila anak mulai menunjukkan rasa bosan. Tingkat stres tidak hanya akan dialami oleh orang tua, namun si kecil juga bisa merasakan hal yang sama.

Yang seharusnya mereka bisa bersosialisasi, belajar dan bermain bersama teman-temannya, tapi mereka kini hanya menatap layar gadget selama berjam-jam. Lantas apa saja kiat untuk membangkitkan semangat anak selama school from home? Simak yuk di bawah ini.

Kelola Dahulu Stres Orang Tua

Saat anak school from home, perlu ada bimbingan dan pengawasan orang tua juga. Nah, untuk menciptakan suasana belajar yang tenang dan kondusif diperlukan mood orang tua yang baik.

Dilansir dari HaiBunda, psikolog Auliya Ulil Irsadisyah, M.Psi menuturkan "Orangtua juga sebaiknya happy terlebih dahulu karena kreatifitas akan terhambat jika kondisi psikisnya tidak menyenangkan atau bahkan stres," ujar Auliya di Kulwap HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Karenanya, hal ini jadi evaluasi tersendiri bagi orang tua sebelum menuntut agar anak dapat belajar dengan fokus dan semangat.

Mood orang tua harus baik saat menemani anak belajar
Mood orang tua harus baik saat menemani anak belajar/freepik.com

Waktu Belajar yang Tepat

Perhatikan waktu-waktu yang tepat anak belajar. Jika ia lebih berkonsentrasi pada pagi hari, maka fokuskan untuk belajar pada jam tersebut. Begitupun jika ia memiliki waktu konsentrasi di sore atau malam hari. Jangan lupa berikan waktu untuk istirahat agar ia tidak jenuh.

Istirahat yang Cukup

Sebaiknya jangan memaksakan agar anak belajar selama berjam-jam menatap layar gadget. Jika ia telah belajar selama 60 menit, beri ia jeda 10 menit untuk melakukan hal yang lain. Selain untuk menjaga agar ia tidak bosan, juga menjaga agar matanya tetap sehat. Dan berikan juga ia waktu untuk tidur, makan atau bermain.

Ajak Anak Refreshing di Akhir Pekan

Setelah 5 hari mengerjakan tugas sekolah, saatnya kamu mengajaknya refreshing pada saat weekend. Kamu bisa mengajaknya menonton film bersama, membaca buku, berkebun atau membuat kue. Dengan perasaan dan pikiran yang happy, dia akan lebih memiliki mood yang baik pada saat mulai belajar esok harinya.

Cooking with kids
Cooking with kids/freepik.com/tirachardz

Nah, bagaimana Beauties, sudah siap untuk menemani anak daring lagi? Semoga bermanfaat ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id