sign up SIGN UP

Dimulai dari Diri Sendiri, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Self Love

Ruhil Anadiah Sabrina | Minggu, 25 Jul 2021 14:15 WIB
Dimulai dari Diri Sendiri, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Self Love
caption

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah self love kan? Nah sebenarnya apa sih itu self love?

Ya benar sekali self love yaitu, usaha kita untuk cinta, menerima, dan menghargai diri sendiri. Nah sampai sekarang apakah kamu sudah menerima dan cinta pada dirimu? Jangan-jangan masih belum bisa nih. Padahal self love itu penting lho!

Sebelum kita cinta dan membagi cinta tersebut pada orang lain kita harus bisa menerima diri sendiri dulu. Namun jangan khawatir, ini lima cara meningkatkan self love yang bisa kamu coba. 

1. Tidak Lupa Mengapresiasi Diri

mengapresiasi diri
mengapresiasi diri/pexels.com/@Ana Madeleine Uri

Cara pertama meningkatkan self love pada diri sendiri yaitu, dengan tidak lupa untuk mengapresiasi diri. Setelah kamu berhasil melakukan sesuatu misalnya, jangan lupa apresiasi diri dengan kegiatan yang bisa membahagiakan hati.

Seperti pergi liburan, wisata kuliner, nonton drama Korea, atau kegiatan lain. Karena siapa yang bisa mengapresiasi kalau bukan kamu sendiri, sebab orang lain belum tentu suka terhadap pencapaian yang kamu raih. 

2. Sempatkan Waktu untuk Me Time

wanita sedang me time
wanita sedang me time/pexels.com/ Keenan Constance

Cara selanjutnya yaitu selalu menyempatkan waktu untuk me time. Sesibuknya kamu terhadap pekerjaan dan tugas yang kamu hadapi, sempatkan waktumu untuk me time. 

Katanya ingin buat dirimu bahagia, maka jangan lupa membahagiakan diri sendiri dulu. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat me time, seperti menekuni hobi, olahraga, membaca buku, dan sebagainya. Namun ingat jangan kebablasan hingga melupakan tanggung jawab yang lain. Setelah pikiran fresh, lanjutkan pekerjaanmu kembali ya!

3. Berhenti untuk Membandingkan Hidupmu dengan Orang Lain

jangan membandingkan diri
jangan membandingkan diri/pexels.com/Dominika Roseclay

Apa nih salah satu hal yang membuat kita jadi nggak bahagia? Ya benar kebiasaan membanding-bandingkan hidup dengan orang lain.

Entah itu membandingkan pencapaian, materi, jabatan, dan lainnya. Kalau ingin hidupmu bahagia dan bisa meningkatkan self love pada diri sendiri, berhenti untuk membandingkan ini itu dengan orang lain. Fokus saja pada hidupmu, terhadap pencapaian yang ingin kamu raih dan sayangi diri supaya usahamu untuk mencintai diri sendiri bisa berhasil.  

4. Usir Pikiran Negatif yang Ada Dalam Pikiranmu

buang pikiran negatif
buang pikiran negatif/pexels.com/Tobi

Poin terakhir meningkatkan self love pada diri sendiri yaitu, dengan mengusir pikiran negatif yang ada dalam pikiran. Gimana bisa self love kalau kerjaanmu saja overthinking terus, merasa insecure, suka rendah diri, dan pikiran negatif yang lain. Usir pikiran buruk tersebut, tanamkan kalimat-kalimat positif seperti "kamu itu berharga", "kamu pasti bisa", supaya fokusmu nggak pada hal-hal negatif saja. Dengan demikian hatimu bisa lebih tenang. 

Itulah empat cara meningkatkan self love pada diri sendiri. Semoga cara self love sederhana di atas bisa berhasil kamu coba ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id