sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Imunitas Tubuh Kamu Menurun!

Neysa Alicia | Minggu, 21 Feb 2021 17:15 WIB
Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Imunitas Tubuh Kamu Menurun!
Di masa pandemi covid-19 seperti ini, kita harus lebih ekstra dalam meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit / foto: istockphoto.com

Hai, Beautynesian! Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Memasuki masa new normal ini, kita harus lebih ekstra menjaga imunitas tubuh, untuk melindungi tubuh dari segala kuman dan virus penyebab penyakit, terutama virus corona. Banyak cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti mengonsumsi suplemen vitamin atau membuat jamu-jamuan tradisional.

Meskipun rutin mengonsumsi vitamin dan ramuan herbal, masih banyak orang  melakukan kebiasaan tertentu yang secara tidak sadar dapat membuat imunitas tubuh mereka menurun. Seperti apa kebiasaan tersebut? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Stress

foto: istockphoto.com
foto: istockphoto.com

Tuntutan pekerjaan atau sekolah yang berat memang menjadi masalah yang paling sering dialami oleh hampir semua orang. Namun jika masalah tersebut tidak segera diatasi, bisa menyebabkan stress berat. Perlu diketahui kalau stress tidak hanya berpengaruh terhadap psikologis saja, tetapi juga imunitas tubuh seseorang. Ketika hormon-hormon dan kekebalan tubuh sudah menurun, maka potensi terserang penyakit akan lebih mudah. Untuk itu, jangan lupa istirahatkan pikiran kamu sejenak, ya!

2. Kurang Tidur

foto: istockphoto.com
foto: istockphoto.com

Sudah dianjurkan kalau tubuh manusia memerlukan waktu delapan jam setiap harinya untuk tidur. Ketika tidur pada malam hari, tubuh manusia akan mengeluarkan hormon melatonin yang sangat pberpengaruh dalam meningkatkan imunitas tubuh. Ketika seseorang begadang atau kurang tidur, maka tubuh akan lebih rentan dengan penyakit dan gangguan seperti depresi, obesitas, sampai diabetes. 

3. Jarang Olahraga

foto: istockphoto.com
foto: istockphoto.com

Sangking sibuknya dengan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari, kita sampai tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal, imunitas dan antibodi dapat meningkat dengan olahraga secara teratur. Meskipun tubuh lemas dan lelah karena pekerjaan, kamu harus tetap meluangkan waktu untuk olahraga yang ringan-ringan saja seperti jalan kaki atau yoga selama 30 menit setiap hari.

4. Tidak Mengatur Pola Makan

foto: istockphoto.com
foto: istockphoto.com

Salah satu cara untuk menjaga imunitas tubuh adalah makan. Meskipun banyak yang bilang juga kalau makan makanan enak bisa membuat tubuh menjadi bahagia, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi segala macam makanan sesuka kamu. Gorengan, junk food, atau makanan manis dan berlemak tetap boleh dikonsumsi, kok.

Tapi ingat, kamu harus tetap memperhatikan porsi, dan jangan terlalu sering memakannya ya. Imbangi juga dengan serat, sayur, dan protein agar nutrisi di tubuh kamu seimbang. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id