sign up SIGN UP

8 Tips Penyembuhan Mandiri Covid-19 ala Dipha Barus

tyana | Kamis, 21 Jan 2021 22:30 WIB
8 Tips Penyembuhan Mandiri Covid-19 ala Dipha Barus
caption

Memasuki awal tahun 2021, Covid-19 masih menjadi permasalahan yang harus di hadapi. Penyakit ini menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala ringan seperti kurang pekanya indra penciuman, flu, infleksi paru-paru hingga pneumonia.

Tiap harinya jumlah yang terinfeksi virus ini pun terus bertambah. Salah satunya produser dan juga DJ terkenal Dipha Barus.

Lewat akun Instagram, Dipha mengungkapkan bahwa dirinya dan sang istri telah terinfeksi virus corona dengan gejala ringan seperti demam, batuk, hidung mampet, mudah cape, hilangnya indera penciuman dan perasa. Dalam postingannya ini juga pria berusia 35 tahun ini membagikan tips untuk menyembuhkan diri secara mandiri dari virus corona. 

A Positive Mindset Is Everything

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi /pinterest.com/nestboutique

Pepatah mengatakan pikiran positif menarik hal positif pula, begitu juga sebaliknya. Memikirkan hal negatif dapat membuat pikiran stress dan sistem imun turun.

Untuk itu saat didiagnosa terinfeksi virus corona lebih baik fokus terhadap penyembuhan, bukan menyalahkan diri dan stress. Virus corona memang virus baru dan berbahaya tetapi dibalik itu lebih banyak orang yang sembuh daripada meninggal dunia. Jadi percayalah dan berdoa semua akan baik-baik saja. 

Siapkan Termometer dan Oxymeter Pulse

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi Oxymeter Pulse/pinterest.com/medjetbrasil

Di balik kelebihan isolasi mandiri di rumah daripada rumah sakit ataupun tempat yang telah disediakan tetap ada kekurangannya yaitu hanya berkomunikasi secara online dengan petugas medis. Untuk itu kita perlu menyiapkan termometer dan oxymeter pulse agar mengetahui kondisi kita.

Termometer berfungsi untuk mengecek suhu badan kita. Hal ini dikarenakan salah satu gejala yang sering terjadi saat terinfeksi virus corona adalah demam. Penggunaan oxymeter pulse berfungsi untuk mengetahui kadar oksigen dalam tubuh apakah normal ataupun turun.

Cukupi Kadar Air Dalam Tubuh

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi Air Putih/pinterest.com/taste_of_home

Mengonsumsi air yang cukup dapat meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Hal ini dikarenakan air dapat mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh sehingga meningkat fungsi seluruh sistem tubuh secara maksimal.

Air juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat. Untuk itu kita perlu mengkonsumsi air putih secara rutin dan cukup atau 2,5 liter setiap hari. 

Untuk mempercepat penyembuhan juga kita dapat mengkonsumsi jamu, teh herbal, perasan air lemon dan madu ataupun jus buah yang memiliki kaya manfaat untuk penyembuhan tubuh kita. Hindari juga untuk mengkonsumsi minuman dengan pemanis, alkohol maupun kafein tinggi seperti kopi. 

Konsumsi Makanan dengan Gizi yang Lengkap

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi Makan Bergizi/pinterest.com/downshiftology

Salah satu gejala terinfeksi virus corona yang paling sering terjadi adalah kehilangan indera penciuman dan pengecap. Hal ini menyebabkan menurunnya nafsu makan dan juga sistem imun. Meskipun tidak berselera untuk makan karena semua rasa makan terasa hambar, kita tetap harus memaksakan diri karena tubuh kita membutuhkan makanan untuk melawan penyakit. 

Konsumsi lebih banyak sayuran, buah, makan berprotein tinggi dan juga lemak baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Mengkonsumsi protein juga berfungsi untuk membangun, memperkuat, dan memperbaiki jaringan tubuh sehingga tubuh lebih cepat sembuh.

Dipha Barus juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi protein shake yang dicampur dengan kacang-kacangan dan juga sayuran agar memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh.

[Gambas:Instagram]

Vitamin dan Obat Herbal

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi Vitamin/pinterest.com/superpharmacy

Gejala terinfeksinya virus corona berbeda-beda pada setiap orangnya. Ada yang ringan dan juga berat. Apabila gejala yang dialami cukup ringan dan tidak membutuhkan obat atau penangan medis lainnya, usahakan untuk tetap mengkonsumsi vitamin. Terutama vitamin C, vitamin B12, vitamin D3 dan juga zink untuk mempercepat penyembuhan penyakit dalam tubuh. 

Meditasi dan Latihan Pernapasan

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi Meditasi/pinterest.com/brides

Meditasi memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, tak hanya mengilangkan kecemasan tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh kita. Hal ini dikarenakan saat meditasi aliran oksigen dalam tubuh lebih lancar sehingga sistem tubuh bekerja lebih baik. So, tarik nafas, keluarkan, tenangkan pikiran dan tarik napas kembali, kemudian keluarkan.

Tidur yang Cukup

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi Tidur/pinterest.com/missguidedcouk

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan saat tidur tubuh kita tak hanya beristirahat tetapi juga mengganti dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Untuk itu jangan begadang dan tidur yang cukup saat malam hari.

Latihan Penciuman

Penyembuhan Mandiri dari Corona ala Dipha Barus
Ilustrasi Essensial Oils/pinterest.com/SouthernleighEssentials

Saat terinfeksi Covid-19 banyak orang kehilangan indera perasa dan penciuman. Virus corona dikabarkan dapat merusak saraf penciuman yang berada antara hidung dan juga otak. Saraf ini dapat memperbaiki diri sendiri, tetapi kita juga dapat melatih penciuman agar lebih cepat sembuh. 

Dipha Barus dan Istri menceritakan bahwa Ia melakukan latihan penciuman dengan cara menghirup 3-4 tetes minyak essensial selama 20 detik dengan fokus. 

Itulah beberapa tips penyembuhan mandiri ala Dipha Barus dan istri semoga bermanfaat dan kita tetap sehat selalu. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id