sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati Obesitas! Minuman Tinggi Gula Ini Patut Diwaspadai

Liana Dewi | Rabu, 07 Apr 2021 17:30 WIB
Hati-hati Obesitas! Minuman Tinggi Gula Ini Patut Diwaspadai
caption
Jakarta -

Konsumsi gula berlebih perlu dihindari karena dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan kegemukan, darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Kementerian Kesehatan menganjurkan konsumsi gula perhari idealnya adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Ini merupakan jumlah keseluruhan gula yang dikonsumsi baik melalui makanan maupun minuman. 

Karena sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai makanan yang mengandung tinggi gula, kali ini Beautynesia akan membahas beberapa jenis minuman tinggi gula yang patut diwaspadai. Apa saja minumannya? Simak pemaparan di bawah ini, yuk!

Jus Buah

Jus buah
Jus Buah/freepik.com

Jus buah memang identik dengan minuman sehat yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Tapi siapa sangka, ternyata dalam jus buah mengandung banyak gula. Karena saat membuatnya, kita banyak memasukkan buah untuk mendapat segelas jus segar. Tentu jumlah buah yang banyak kandungan gulanya juga tak sedikit. 

Tak jarang juga ketika membuat jus, kita menambahkan pemanis lagi seperti madu, gula, atau kental manis supaya rasanya lebih kuat. Namun hal ini hanya menambah tinggi kadar gula dalam jusmu saja. Maka dari itu, saat membuat jus disarankan tidak menambah pemanis lagi. Alih-alih lebih baik mencampurnya dengan sayuran hijau.

Minuman Energi

Minuman penambah energi juga tinggi akan gula. Minuman energi bisa meningkatkan tekanan darah karena mengandung kafein dan gula yang tinggi. Dengan demikian, minuman penambah energi lebih baik dihindari oleh pemilik hipertensi maupun penyakit jantung.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda
Minuman Bersoda/freepik.com

Minuman bersoda memang nikmat, apalagi saat hawa panas menerjang. Sensasi dingin dan segar di mulut saat meminumnya dapat meningkatkan mood kamu. Namun sayangnya, minuman bersoda juga termasuk dalam minuman tinggi gula yang patut diwaspadai.

Gula dalam minuman bersoda bisa mencapai 28 gram. 28 gram saja sudah lebih dari setengah konsumsi ideal gula perhari, belum ditambah konsumsi makanan lainnya. Jadi kamu perlu berhati-hati ya dalam mengonsumsi minuman bersoda! 

Minuman Bervitamin

Meski mengandung berbagai vitamin dan mineral, minuman satu ini dalam proses pembuatannya banyak ditambahkan gula. Dalam sebotol minuman bervitamin bisa mengandung 30 gram gula, tak jauh berbeda dengan minuman bersoda. Malah dalam minuman bervitamin juga banyak yang mengandung gula buatan.

Minuman Teh Kekinian

Teh Kekinian
Teh Kekinian/freepik.com

Minuman teh kekinian banyak digemari oleh anak muda masa kini. Teh kekinian seperti Thai Tea, Brown Sugar Milk tea, Cheese Tea, Matcha Milk Tea, dan lain sebagainya perlu kamu waspadai karena mengandung gula yang tinggi.

Teh kekinian umumnya dibuat dengan campuran susu, gula, hingga krim yang membuat kadar gula dalam minuman teh kekinian jadi tinggi. Belum lagi ditambah dengan bubble atau boba. Topping manis nan kenyal ini jadi salah satu yang membuat teh kekinian semakin banyak mengandung gula. Maka dari itu, meski enak dan sedang tren, jangan terlalu sering mengonsumsi minuman teh kekinian ya!

Susu Cokelat

Susu Cokelat
Susu Cokelat/freepik.com

Susu cokelat sangat nikmat diminum sebelum tidur atau dicampur dengan sereal saat sarapan. Namun ternyata, susu cokelat merupakan salah satu minuman yang tinggi kadar gulanya.

Susu sendiri merupakan minuman sehat yang kaya dengan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi lain. Tapi jadi berbeda saat ditambah perisa cokelat yang juga mengandung tinggi gula. Belum lagi cara penyajian susu cokelat masa kini yang sering ditambah dengan krim, bubuk cokelat, maupun marshmallow yang membuat kadar gulanya semakin tinggi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id