sign up SIGN UP

LIFE

Inilah Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari Selama Diet Keto

Dimitrie Hardjo | Sabtu, 03 Apr 2021 10:15 WIB
Inilah Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari Selama Diet Keto
caption
Jakarta -

Ladies, kamu ingin menurunkan berat badan tapi gagal terus? Mungkin kamu bisa coba diet yang sedang populer, diet keto. Diet keto awalnya diperuntukkan untuk pasien epilepsi lho! Tapi saat ini semakin banyak orang yang mencoba diet keto karena baik untuk menurunkan berat badan, mengatasi diabetes, dan memperbaiki metabolisme tubuh. Wah, banyak juga ya manfaatnya!

Makanan untuk diet keto.
Makanan untuk diet keto. Foto: pexels.com

Tentu saja dibutuhkan ketekunan dan kedisiplinan agar diet keto ini dapat berhasil. Karena itu, yuk simak di bawah ini apa saja yang perlu dilakukan dan dihindari selama melakukan diet keto di bawah ini!

 

Yang perlu dilakukan selama diet keto

Makanan rendah karbohidrat.
Makanan rendah karbohidrat yang baik dikonsumsi. Foto: dietdoctor.com


1. Makan makanan yang rendah karbohidrat dan mengandung lemak

Keto diet merupakan low carb diet sehingga kalori dalam tubuh digantikan oleh lemak. Maka kamu perlu mencari makanan yang memiliki kandungan lemak. Makanan seperti daging, telur, ikan, dan sayur-sayuran bisa menjadi menu selama melakukan diet keto. Dengan demikian, proses ketosis bisa terjadi dalam tubuh dengan maksimal.

2. Buat meal plan setiap minggunya

Agar diet kamu bisa berhasil, mulailah dengan membuat perencanaan makanan untuk satu minggu dan persiapkan ingredients yang dibutuhkan. Jadi kamu tidak perlu ribet lagi memikirkan apa yang perlu kamu makan.

Yang tidak boleh dilakukan selama keto diet

Makanan tinggi karbohidrat yang perlu dihindari.
Makanan tinggi karbohidrat yang perlu dihindari. Foto: dietdoctor.com


1. Konsumsi karbohidrat di atas 20 gram per hari

Karena keto diet didesain agar proses ketosis dapat terjadi, maka konsumsi karbohidrat per hari harus dikurangi  atau di bawah 20 gram agar tubuh bisa membakar lemak yang ada dengan baik. Jadi, hindari makan nasi, umbi-umbian, makanan yang mengandung gandum, dan lain-lain untuk sementara ya, Ladies.

2. Minum alkohol

Alkohol juga perlu dihindari selama melakukan diet keto karena mengandung karbohidrat serta tidak baik untuk tubuh.

3. Mengonsumsi gula

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, mengurangi konsumsi gula juga baik untuk menjaga kadar gula darah. Jadi, untuk sementara hindari makan yang manis-manis dahulu ya, Ladies! Termasuk minum jus dan semua buah-buahan, kecuali buah jenis berries, seperti strawberry dan blueberry.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id