sign up SIGN UP

LIFE

Ingin BAB Lancar Setiap Hari? Ketahui 6 Cara Alami Berikut Ini!

Anisalestari | Jumat, 09 Oct 2020 11:15 WIB
Ingin BAB Lancar Setiap Hari? Ketahui 6 Cara Alami Berikut Ini!
caption

Susah buang air besar (BAB) merupakan keluhan atau masalah pencernaan yang umun di alami oleh banyak orang. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya karena pola hidup yang tidak sehat.

Yuk atasi susah BAB dengan beberapa cara alami berikut!

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Makanlah makanan yang mengandung banyak serat agar baba lancar
Makanan Mengandung Banyak Serat/ Foto: Freepik.com

Makanan yang mengandung serat menjadi salah satu cara alami untuk membuat BAB lancar. Serat yang terdapat dalam makanan berfungsi menyerap air pada sisa makanan sehingga menjadi lunak. Fungsi inilah yang dapat melancarkan buang air besar. Beberapa makanan yang dapat membuat bab lancar adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 


Perbanyak Minum Air Putih 

Perbanyak minum air putih untuk asupan cairan tubuh agar baba lancar
Perbanyak Minum Air Putih/ Foto: Freepik.com

Kekurangan cairan pada tubuh atau dehidrasi menjadi penyebab BAB tidak lancar, Ladies. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka sisa makanan yang keluar dari usus besar akan menjadi kering sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Oleh karena itu, pastikan kamu minum air putih yang cukup setiap hari, ya. Minimal delapan gelas air putih setiap hari, Ladies. 

Konsumsi Probiotik

Konsumsi probiotik seperti yoghurt untuk melancarkan bab
Konsumsi Probiotik/ Foto: Freepik.com

Mengonsumsi probiotik juga menjadi cara alami buat BAB lancar selanjutnya. Probiotik merupakan bakteri yang menguntungkan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menghasilkan vitamin K, lho. Probiotik dapat ditemukan pada makanan fermentasi seperti tempe, kimchi, dan yoghurt. 

Rutin Berolahraga 

Rutin berolahraga dapat lancarkan bab
Rutin Berolahraga/ Foto: Freepik.com

Cara alami buat BAB lancar lainnya ialah rutin berolahraga. Berolahraga dapat meningkatkan pergerakan otot pada saluran cerna atau usus. Rutin berolahraga, seperti berjalan kaki sekitar 15-30 menit setiap hari, akan membantu melancarkan buang air besar. 

Coba BAB dengan Posisi Jongkok 

Ganti posisi dengan berjongkok agar bab menjadi lancar
Cobalah Ganti Posisi Dengan Berjongkok/ Foto: Freepik.com

Agar lancar BAB, cobalah ganti posisi dengan berjongkok. Posisi jongkok dapat mengendurkan otot-otot di sekitar saluran pencernaan sekaligus mengangkat bagian usus besar yang membuat proses pengosongan usus menjadi jauh lebih mudah. 

Minimalisir Stres 

Susah bab dipengaruhi juga oleh stres
Minimalisir Stres/ Foto : Freepik.com

Meski BAB merupakan kebutuhan fisik, namun kelancarannya sangat dipengaruhi oleh masalah mental seperti stres. Saat stres, tubuh akan merespon dengan memperlambat pergerakan usus. 

Cobalah untuk meredakan stres saat cemas dan perut terasa tidak nyaman dengan melakukan latihan pernapasan, peregangan, dan mendengarkan musik yang menenangkan. Itu karena sebagian besar usus dikendalikan oleh sistem saraf yang merespons stres. 

Ketika akan BAB, cobalah untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan dan memiliki privasi agar BAB lancar. Hindari terburu-buru ketika sedang buang air besar ya, Ladies.

Semoga bermanfaat!

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id