sign up SIGN UP

LIFE

Inilah Cara Media Sosial Mempengaruhi Kesehatan Mental Seseorang

Ade Irma Suryani | Senin, 12 Oct 2020 13:00 WIB
Inilah Cara Media Sosial Mempengaruhi Kesehatan Mental Seseorang
caption
Jakarta -

Media sosial memang telah menjadi salah satu bagian yang tidak terlepaskan di zaman saat ini. Baik dari yang muda hingga tua, semuanya tidak ketinggalan untuk memiliki media sosial. Media sosial memang punya banyak manfaat, namun pengaruh buruk yang ditimbulkan juga banyak, termasuk bagi kesehatan mental seseorang seperti berikut ini. 

 

1. Membuat Tidak Percaya Diri

Media sosial bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.
Membuat Tidak Percaya Diri/Freepik.com 

Disadari atau tidak, media sosial kerap dijadikan sebagai ajang pamer bagi penggunanya. Hal ini bisa terlihat dari perilaku kebanyakan orang yang suka memposting setiap kegiatannya di media sosial. Seperti saat makan di restoran mewah, jalan-jalan ke tempat menarik, berbelanja barang-barang bermerek dan lain sebagainya.


Meskipun juga tak bermaksud untuk memamerkan, namun hal-hal tersebut seringkali membuat seseorang yang melihatnya menjadi iri dan merasa kurang beruntung. Khususnya bagi wanita, melihat para wanita lain yang memiliki fisik lebih cantik dan menarik di sosial media kadangkala juga kerap menimbulkan perasaan minder dan rasa tidak percaya diri. Jika terus dibiarkan, hal semacam ini lama-kelamaan bisa mengganggu kesehatan mental. 

 

2. Menggangu Kualitas Tidur

Media sosial dapat mengganggu kualitas tidur.
Mengganggu Kualitas Tidur/Freepik.com  

Tanpa disadari, media sosial seringkali membuat seseorang menjadi lalai dengan menghabiskan waktu berjam-jam di dunia maya. Tak hanya mengganggu pekerjaan, kebiasaan semacam ini juga seringkali mengganggu kualitas tidur.

Hal tersebut bisa dilihat dari kebiasaan banyak orang yang suka memainkan gadget-nya sebelum tidur. Padahal kebiasaan tersebut dapat membuat seseorang menjadi sulit terlelap di malam hari. Ketika kualitas tidur tidak dapat berjalan dengan baik, hal ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. 

 

3. Menjadi Terasing dari Dunia Nyata

Media sosial dapat membuat seseorang menjadi terasing dari dunia nyata.
Menjadi Terasing dari Dunia Nyata/Freepik.com 

Kebanyakan orang saat ini lebih terlihat mementingkan kehidupannya di dunia maya dibandingkan dunia nyata. Hal tersebut bisa dilihat dari cara mereka yang berusaha menggambarkan diri sebagai sosok yang ideal dan menarik melalui sosial media. Semua hal tersebut tak jarang dilakukan agar mendapatkan sanjungan, jumlah likes dan popularitas. Terlebih lagi, mereka pun jauh lebih mementingkan hubungan sosial yang ada di dunia maya ketimbang dunia nyata.

Hal semacam ini bisa membuat seseorang menjadi apatis dan sulit untuk membina hubungan hangat dengan orang di sekelilingnya. Akibatnya, hal tersebut bisa membuat seseorang menjadi kesepian dan terasing dari dunia nyata, sehingga berdampak bagi kesehatan mental.

Nah Beautynesian, itulah beberapa cara yang dilakukan media sosial dalam mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, mulailah menggunakan media sosial secara bijak dengan cara menetapkan batasan waktu. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id