sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Waduh! Ternyata Ini Dampak Buruk Penggunaan Sosial Media yang Tidak Terkontrol Terhadap Relationship

Rumaysha Milhania | Senin, 12 Oct 2020 07:30 WIB
Waduh! Ternyata Ini Dampak Buruk Penggunaan Sosial Media yang Tidak Terkontrol Terhadap Relationship
caption
Jakarta -

Kita semua tahu jika media sosial memiliki peran yang sangat signifikan dalam kehidupan sosial masyarakat di seluruh dunia. Keberadaannya membantu kita semua untuk bisa lebih mudah terhubung dengan banyak orang. Namun, tahukah kamu jika media sosial juga dapat membuat masalah untuk urusan hubungan sosial? Nah, berikut ini adalah 5 masalah sosial yang disebabkan oleh media sosial.

Kita semua tahu jika media sosial memiliki peran yang sangat signifikan dalam kehidupan sosial masyarakat di seluruh dunia.
Media Sosial/ Sumber: Freepik.com

1. Mendekatkan yang Jauh, Menjauhkan yang Dekat

Pernahkah kamu berkumpul dengan keluarga, teman, atau makan malam bersama pasangan, tetapi masing-masing hanya sibuk dengan ponsel masing-masing? Inilah gambaran bagaimana media sosial berdampak serius pada hubungan interpersonal seseorang. Alat ini mendekatkan mereka yang jauh, tetapi membuat orang-orang yang dekat terasa jauh.


2. Menimbulkan Dampak Polarisasi

Polarisasi sosial dikaitkan dengan pemisahan dalam masyarakat yang mungkin muncul dari perbedaan kelas sosial, ekonomi, pendidikan, hingga pilihan politik. Kecenderungan ini semakin jelas saat media sosial membuat analisis mengenai karakter penggunanya. Jangan heran jika mereka yang berbeda pilihan politik di masa sekarang menjadi lebih mudah untuk berselisih dengan mereka di masa lalu sebelum adanya media sosial. 

Banyak orang berpikir bahwa kita harus menjadi populer dengan menampilkan diri sebaik-baiknya di media sosial.
Masalah Media Sosial/ Sumber: Freepik.com

3. Hilangnya Jati Diri Demi Self-Branding

Banyak orang berpikir bahwa kita harus menjadi populer dengan menampilkan diri sebaik-baiknya di media sosial. Tentu ini akan memberikan banyak dampak buruk pada hubungan intrapersonal seseorang. Ia akan melupakan dirinya sendiri dengan berusaha untuk menjadi sosok yang sekiranya banyak disukai orang.

4. Berkurangnya Kemampuan Sosial Langsung

Perlu diakui, mereka yang sekarang lebih aktif di media sosial cenderung kehilangan banyak waktu untuk bisa melatih kemampuan dan kemauannya bersosialisasi secara langsung. Banyak anak-anak yang terlalu sibuk di media sosial merasa canggung untuk berbicara langsung. 

5. Konflik Sosial di Dunia Digital

Terakhir, kehadiran media sosial berdampak serius terhadap munculnya beragam konflik di dunia digital. Apalagi mengingat banyaknya orang yang memiliki akun kedua untuk digunakan memantau orang-orang tertentu. Banyak sekali orang yang menggunakan akun samaran untuk memberikan ujaran-ujaran kebencian.

Banyak sekali orang yang menggunakan akun samaran untuk memberikan ujaran-ujaran kebencian.
Masalah Media Sosial/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa masalah sosial yang banyak terjadi di era media sosial. Untuk itu, pahami bahwa sebagai pengguna, sebaiknya kita bisa menjadi lebih bijak dan waspada dalam penggunaan media sosial itu sendiri.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id