sign up SIGN UP

LIFE

Intip Berbagai Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Kebiasaan Begadang!

Neysa Alicia | Jumat, 08 Jan 2021 22:00 WIB
Intip Berbagai Masalah Kesehatan yang Timbul Akibat Kebiasaan Begadang!
caption

Jakarta - Hai Beautynesian! Kamu sering begadang? Tidak jarang karena tuntutan harus menyelesaikan pekerjaan atau tugas kuliah, kita terpaksa harus mengurangi jam tidur. Secara tidak sadar, semakin lama tubuh kita menjadi terbiasa begadang.

Namun, kebiasaan begadang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita, loh. Begadang dapat mendorong timbulnya berbagai penyakit, seperti anemia, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung.

Tidak hanya itu, di bawah ini merupakan berbagai masalah serius yang dapat timbul akibat kebiasaan begadang!

1. Depresi

Kebiasaan begadang atau insomnia dapat memicu depresi /  foto: istockphoto.com
Kebiasaan begadang atau insomnia dapat memicu depresi / foto: istockphoto.com

Tidak sedikit orang didiagnosis mengalami depresi akibat begadang. Hal tersebut terjadi karena durasi tidur mereka yang kurang dari enam jam, pada waktu malam hari. Masalah gangguan tidur atau insomnia juga menjadi pemicu utama seseorang mengalami depresi.

2. Obesitas

Begadang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang / foto: istockphoto.com
Begadang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang / foto: istockphoto.com

Kebiasaan begadang ternyata juga dapat memicu penambahan berat badan pada tubuh seseorang. Sebagian besar orang yang tidur larut malam cenderung lebih suka mengonsumsi makanan ringan lebih banyak pada malam hari.

Biasanya, nafsu makan bertambah, sehingga mereka akan makan cemilan, atau makanan dengan karbohidrat yang tinggi dalam jumlah banyak. Hal tersebut yang mengakibatkan peluang adanya kenaikan berat badan pada orang yang kurang tidur menjadi lebih besar, dibandingkan dengan orang yang jam tidurnya cukup.

3. Penuaan Dini

Penuaan dini dapat terjadi karena kurang tidur atau kebiasaan begadang / foto: istockphoto.com
Penuaan dini dapat terjadi karena kurang tidur atau kebiasaan begadang / foto: istockphoto.com

Begadang juga memberikan efek buruk bagi kulit. Warna kulit yang seharusnya cerah, dapat berubah menjadi kusam dan pucat. Selain itu, kebiasaan begadang dapat memicu timbulnya garis-garis halus pada wajah, sehingga tidak heran jika terjadi penuaan dini pada kulit.

Selain kulit, kebiasaan begadang juga dapat memicu pembengkakan pada bagian mata. Begadang menyebabkan timbulnya lingkaran gelap pada daerah sekitar bawah mata, atau mata panda yang merupakan pelebaran pembuluh darah di balik kulit yang tipis. 

4. Menurunkan Daya Ingat

Begadang dapat menghambat proses regenerasi pada otak / foto: istockphoto.com
Begadang dapat menghambat proses regenerasi pada otak / foto: istockphoto.com

Siapa sangka, ternyata proses regenerasi sel otak terjadi ketika kita sedang tidur. Proses ini sangat berguna untuk memperkuat ingatan kamu, Beautynesian.

Selain itu, proses regenerasi otak juga akan memindahkan ingatan dan memori ke tempat penyimpanan jangka panjang. Oleh karena itu begadang dapat menghambat seluruh proses regenerasi tersebut, sehingga kemampuan daya ingat kita bisa menurun.

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id