sign up SIGN UP

LIFE

Efektif Redakan Stres, 5 Cara Simpel Ini Wajib Kamu Coba

Zafira Raharjanti | Sabtu, 12 Dec 2020 12:15 WIB
Efektif Redakan Stres, 5 Cara Simpel Ini Wajib Kamu Coba
caption

Mulai dari tantangan-tantangan kecil hingga masalah besar, stres memang sudah menjadi bagian dari kehidupan. Meskipun begitu, ada saat-saat tertentu dimana kamu tidak bisa mengendalikan dirimu saat sedang menghadapi stres.

Terkadang perasaan sedih, kesal ataupun cemas juga bisa muncul ketika kamu sedang merasakan tertekan. Sebelum mengganggu aktivitasmu yang lain, ada baiknya kamu mulai melakukan hal-hal ini untuk meredakan stres yang kamu alami.

Olahraga

Berolah raga/ Foto: Pexels.com
Berolah raga/ Foto: Pexels.com

Melakukan aktivitas fisik secara rutin bisa membuatmu memiliki manajemen stres yang lebih baik. Ketika berolah raga, tubuh akan memproduksi berbagai hormon seperti endorphin dan endocannabinoid. Hormon-hormon tersebut memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pembentukan mood seseorang.

Ketika tubuh dalam kondisi yang baik, secara tidak langsung pikiran juga akan merasa lebih tenang. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk berpikir positif dalam menghadapi stres. Kamu bisa melakukan aerobik, lari, berenang ataupun bersepeda. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan tersebut, kamu bisa melakukan aktifitas sederhana seperti membersihkan rumah atau sekedar melakukan stretching.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kopi: Foto: Pexels.com
Kopi: Foto: Pexels.com

Kafein bisa mengganggu pola tidurmu. Seperti yang kita tahu, kekurangan tidur merupakan salah satu penyebab timbulnya stres. Bukan hanya konsumsi kafein, menerapkan konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang juga akan memberikan efek positif bagi kondisi psikologismu.

Menurut beberapa studi, orang-orang yang sering melewatkan waktu sarapan, jarang mengonsumsi sayur dan sering mengonsumsi kafein akan lebih rentan mengalami stres. Sedikit mengubah kebiasaan makan yang buruk mungkin bisa membuatmu merasa lebih baik.

Bicara dengan Orang Terdekat

Berbicara dengan orang terdekat/ Foto: Pexels.com
Berbicara dengan orang terdekat/ Foto: Pexels.com

Terkadang berbincang dengan dengan orang terdekat, merupakan solusi untuk meringankan beban pikiranmu. Memiliki support system dan relasi yang baik dengan orang-orang sekitar, akan sangat membantu dalam management stres.

Jika kamu merasa sulit untuk bercerita ke orang lain, kamu bisa mencurahkannya melalui tulisan, lagu ataupun lukisan. Setidaknya kamu perlu menyuarakan apa yang sedang kamu rasakan. Jika masih terasa sulit, kamu bisa berbicara dengan dirimu sendiri dan yakinlah bahwa semua akan baik-baik saja.

Tarik Napas dan Hembuskan

Teknik pernapasan/ Foto: Pexels.com
Teknik pernapasan/ Foto: Pexels.com

Mungkin hal ini terdengar sangat sepele. Namun, cara ini cukup efektif untuk meredakan stres. Hanya dengan sedikit mengubah caramu mengambil dan menghembuskan napas, kamu akan merasa jauh lebih tenang. Menariknya lagi, cara ini bisa kamu lakukan saat sedang berada di tengah keramaian tanpa perlu mengalihkan perhatian orang-orang di sekitar.

Caranya cukup mudah. Menurut National Health Service di Inggris, kamu bisa melakukannya dengan menarik napasmu dan hitung 1-5 secara perlahan. Jika kamu merasa tidak sanggup untuk menarik napas selama 5 detik, kamu bisa melakukannya hingga hitungan ketiga. Kemudian hembuskan lagi sambil kembali menghitung 1-5. Kalau kamu merasa lebih baik setelah melakukan ini, kamu bisa mengulangi cara tersebut selama 3 hingga 5 menit.

Semoga beberapa cara yang yang telah disebutkan tadi bisa membantumu mengurangi stres ya! Jika memang diperlukan, jangan ragu ya untuk menghubungi pihak yang profesional dibidangnya.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id