sign up SIGN UP

LIFE

Jaga Kesehatan Vagina Saat Bersepeda dengan Menerapkan 5 Tips Ini

Ade Irma Suryani | Minggu, 19 Jul 2020 23:00 WIB
Jaga Kesehatan Vagina Saat Bersepeda dengan Menerapkan 5 Tips Ini
caption
Jakarta -

Di tengah masa pandemi seperti saat ini, banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan agar tetap bugar dengan melakukan olahraga. Nah, salah satu kegiatan olahraga yang saat ini sedang populer adalah bersepeda. Berbagai kalangan dari segala jenis usia, baik pria maupun wanita mulai sangat menggemari bersepeda di masa pandemi ini. Namun, bagi wanita sendiri kadangkala bersepeda belum terasa cukup aman untuk kesehatan vaginanya. Hal ini dimana kadangkala wanita sering merasakan nyeri atau lecet pada bagian organ intim setelah bersepeda.

Namun tak perlu khawatir Ladies, karena beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar organ intimmu tetap nyaman untuk bersepeda. Yuk, langsung simak informasinya berikut ini.

 

1. Mengatur Ketinggian Sadel

Agar vagina tidak sakit, sangat penting mengatur ketinggian sadel.
Mengatur Ketinggian Sadel/Foto: Freepik.com

Salah satu tips paling penting bagi wanita ketika akan bersepeda adalah mengatur ketinggian sadel. Karena seperti yang diketahui, bahwa tiap wanita memiliki tinggi tubuh yang berbeda-beda. Jadi, untuk wanita yang tubuhnya kurang tinggi, tentu saja ukuran sadel tidak boleh terlalu tinggi. Karena hal sendiri ini bisa mengakibatkan sakit pada vagina. Karena itulah Ladies, demi kenyamananmu saat bersepeda, aturlah ketinggian sadel dengan cara yang tepat. Selain itu, hal ini juga tidak akan membuat beban tubuhmu hanya terbagi di panggul saja, tetapi juga di bagian lengan. 



2.  Pilih Sadel dengan Ukuran Lebih Lebar

Memilih sadel yang lebih lebar akan menjaga vagina lebih aman.
Pilih Sadel dengan Ukuran Lebih Lebar/Foto: Freepik.com  

Agar bersepeda lebih nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit pada vagina, cobalah untuk memilih jenis sadel dengan ukuran yang agak lebar, Ladies. Karena sadel yang berukuran kecil dan bentuk yang meruncing di bagian depannya dapat memberikan tekanan yang lebih tinggi pada vagina dan panggul, lho. 

 

3. Oleskan Krim Sebelum Bersepeda 

Sebelum bersepeda, oleskan krim pada selangkangan dan paha bagian dalam, agar tidak kering dan lecet.
Oleskan Krim Sebelum Bersepeda/Foto: Freepik.com

Tak jarang, saat bersepeda wanita juga sering mengalami gesekan pada area vagina, sehingga hal ini bisa menimbulkan rasa perih dan nyeri. Oleh karena itu Ladies, sebelum bersepeda jangan lupa untuk mengoleskan krim khusus atau body lotion pada selangkangan dan bagian paha ya. 

 

4. Beristirahat Sebentar

Lakukan istirahat sebentar di tengah perjalanan untuk menjaga kesehatan vagina.
Beristirahat Sebentar/Foto: Freepik.com

Bersepeda terlalu lama kadangkala selain melelahkan juga bisa membuat area vagina kurang nyaman dan sedikit sakit. Nah, jika kamu sudah merasakan yang demikian, cobalah untuk beristirahat sebentar di tengah perjalanan. Hal ini selain mengistirahatkan tubuh yang lelah, juga sekaligus membuat vagina sedikit lebih rileks setelah mendapatkan tekanan yang kuat dari sadel selama bersepeda. 

 

5. Bersihkan Vagina dan Ganti Celana Dalam

Setelah bersepeda, sangat penting untuk membersihkan vagina dan mengganti celana dalam.
Bersihkan Vagina dan Ganti Celana Dalam/Foto: Freepik.com

Setelah bersepeda, biasanya area vagina dan selangkangan akan berkeringat dan mungkin juga terasa sedikit sakit. Karena itulah, sesampai di rumah dan setelah beristirahat sejenak, bersegeralah untuk mandi sambil membersihkan area vagina. Sebelum itu, usahakan untuk membuang air kecil terlebih dahulu ya, Ladies. Hal ini dilakukan agar dapat mencegah infeksi bakteri pada vagina, sehingga dapat dikeluarkan bersama urin. Setelah selesai membersihkan vagina dan mengeringkannya dengan tisu atau handuk, ganti celana dalam dengan yang baru dan bersih. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id