sign up SIGN UP

LIFE

Kenali Penyebab Munculnya Flek Kecokelatan di Luar Siklus Menstruasi

Munjidah Hamsa | Rabu, 01 Jul 2020 09:00 WIB
Kenali Penyebab Munculnya Flek Kecokelatan di Luar Siklus Menstruasi
caption
Jakarta -

Pada umumnya, flek kecokelatan atau bercak darah muncul ketika memasuki siklus haid atau siklus menstruasi. Namun, dalam beberapa kasus, ada juga bercak kecokelatan yang muncul sebelum siklus mens berlangsung. Dalam hal ini, munculnya flek kecokelatan atau bercak darah di luar siklus haid adalah hal yang wajar karena beberapa penyebab yang bisa Beautynesian simak berikut ini.

Sedang Stres

Stres bisa menyebabkan munculnya flek kecoklatan atau bercak darah di luar siklus haid.
Stres sedang melanda/sumber:freepik.com

Stres sangatlah mempengaruhi kadar hormon di dalam tubuh dan jadi terganggu. Hal ini bisa menyebabkan flek kecokelatan muncul sebelum memasuki masa menstruasi.


Tanda Kehamilan

Adanya flek kecokelatan atau bercak darah bisa jadi tanda kehamilan.
Tanda-tanda kehamilan/sumber: freepik.com

Flek kecokelatan atau bercak darah yang muncul di luar siklus haid bisa menjadi tanda awal kehamilan. Pada umumnya, flek kecokelatan akan keluar saat kehamilan telah berusia 4 hingga 6 minggu. Tanda kehamilan lainnya adalah payudara terasa sakit dan kencang, kelelahan, sering buang air kecil, mual dan muntah. Namun, jika ada bercak darah selama kehamilan yang disertai dengan kram perut, hal itu bisa jadi merupakan tanda keguguran.

Perimenopause 

Adanya flek kecokelatan atau bercak darah merupakan tanda perimenopause pada wanita berusia 40-an tahun.
Wanita paruh baya memasuki menopause/sumber: freepik.com

Flek kecokelatan atau bercak darah bisa jadi merupakan tanda menopause ketika kamu telah memasuki usia transisi menuju menopause sekitar usia 40-an tahun, yaitu saat kamu tidak lagi mengalami siklus ovulasi dan menstruasi. Tanda lain ketika memasuki perimenopause adalah suasana hati atau mood yang mudah berubah, mengalami hot flashes atau sensasi panas dari dalam tubuh, berkeringat di malam hari, sulit tidur, dan vagina terasa kering.

Efek Samping Pemakaian Alat Kontrasepsi atau Pasca Tes Pap Smear

Pemakaian kontrasepsi atau setelah tes pap smear bisa menyebabkan munculnya flek kecokelatan atau bercak darah di luar siklus menstruasi.
Alat kontrasepsi/sumber: freepik.com

Mengonsumsi pil KB ternyata bisa memunculkan bercak darah dan flek kecokelatan yang tidak teratur. Selain pil KB, alat kontrasepsi lain yang bisa menyebabkan flek kecokelatan muncul adalah IUD atau KB Spiral. Setelah kamu melakukan tes Pap Smear, flek kecokelatan juga akan muncul dan hal ini adalah wajar terjadi.

Gejala PMS atau Sisa Darah Haid

Adanya flek kecokelatan atau bercak darah bisa menjadi tanda PMS atau adanya sisa darah haid.
Siklus haid/sumber: freepik.com

Flek kecokelatan atau bercak darah juga merupakan tanda bahwa kamu sedang mengalami gejala PMS jika terjadi sebelum masa haid, atau sisa darah haid ketika terjadi setelah siklus menstruasi selesai. Kamu tidak perlu khawatir jika flek kecokelatan tidak dibarengi dengan rasa sakit pada bagian perut atau vaginamu.

Namun, apabila munculnya flek kecokelatan atau bercak darah di luar siklus menstruasi dibarengi dengan rasa sakit, bisa jadi kamu mengalami gangguan kesehatan.

Adanya Infeksi di Organ Kewanitaan

Rasa nyeri pada perut bagian bawah atau vagina bisa menandakan adanya infeksi atau gangguan di organ kewanitaan.
Sakit pada bagian bawah perut/sumber: freepik.com

Infeksi yang terjadi pada organ kewanitaan dapat menyebabkan munculnya flek kecokelatan sebelum haid. Infeksi bisa berupa penyakit menular seksual (misal klamidia atau gonore), adanya infeksi jamur, penyakit radang panggul, sindrom ovarium polikistik (PCOS), hingga kanker serviks akibat infeksi HPV. Flek kecokelatan yang muncul biasanya dibarengi dengan tanda gatal atau nyeri pada vagina, nyeri setelah berhubungan seksual, dan muncul bau tidak sedap dari vagina.

Jika bercak darah atau flek kecokelatan datang bersamaan dengan nyeri, segera periksakan diri ke dokter ahli.
Konsultasi ke dokter ahli/sumber: freepik.com

Agar kamu lebih tahu flek kecokelatan atau bercak darah yang muncul yang seperti apa yang berbahaya dan harus segera diperiksakan ke dokter ahli, berikut tanda-tandanya:

- Flek kecokelatan atau bercak darah muncul dibarengi bau tidak sedap

- Terus berlangsung selama beberapa minggu

- Sering terjadi setelah berhubungan seks

- Disertai dengan rasa sakit atau kram perut

- Timbul gatal-gatal di vagina

Jika tanda-tanda di atas muncul, segera periksakan dirimu ke dokter ahli kelamin ya, Ladies! Semoga info ini membantu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id