sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Anggap Remeh! Kenali Sejak Dini Penyebab dan Gejala Kista Ovarium

Anindya Milagsita | Kamis, 23 Jul 2020 11:00 WIB
Jangan Anggap Remeh! Kenali Sejak Dini Penyebab dan Gejala Kista Ovarium
caption

Berita mengejutkan datang dari artis Feby Febiola. Dirinya menderita kista ovarium yang menyebabkan harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Nah sebelumnya pernahkah kamu mendengar soal kondisi kista ovarium ini, Ladies? 

Sebagai seorang wanita kita wajib tahu lho, jangan sampai menganggap remeh kondisi tubuh yang satu ini. Jadi agar bisa mengetahui sejak dini apa saja gejala dan penyebabnya berikut ini.

Kondisi Feby Febiola Kista Ovarium

Koleksi foto yang menunjukkan kondisi Feby Febiola yang mengalami kista ovarium dan harus dirawat di rumah sakit.
Feby Febiola Mengalami Kondisi Kista Ovarium/sumber: instagram.com/febyfebiola_/

Lewat akun Instagram @febyfebiola_ akhir Mei lalu, artis cantik ini membagikan sebuah foto dengan caption yang menjelaskan kalau dirinya akan menjalani sebuah operasi kista ovarium. Lewat unggahannya itulah, Feby Febiola memohon doa agar operasinya lancar.


Ia pun membagikan kisah tentang kemoterapi yang harus dilaluinya. Selain itu, kondisi pasca kemoterapi kista ovarium menyebabkan kerontokan pada rambutnya.

Feby Febiola tidak sungkan buat membagikan foto terbaru yang memperlihatkan kondisi rambutnya yang terlihat sangat pendek. Meskipun tengah melalui masa yang sulit, tapi Feby Febiola tetap menunjukkan semangat dan menyerahkan segalanya kepada Tuhan.

Mengenal Kista Ovarium

Mengenal kondisi kista ovarium yang perlu diwaspadai para wanita.
Mengenal Kondisi Kista Ovarium/sumber: freepik.com/

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya sebenarnya bagaimana gambaran kondisi kista ovarium ini? Mengutip dari haibunda.com kista adalah suatu bentuk kantung yang berisi cairan. Kista sendiri bisa berkembang di salah satu ovarium.

Seorang wanita memiliki dua buah ovarium atau indung telur yang berbentuk sekecil kacang almond dan berada di kedua sisi rahim. Kista sendiri bisa berkembang di salah satu ovarium.

Meskipun beberapa kasus kista bisa menghilang dengan sendirinya, tapi di sisi lain terjadinya kondisi kista di ovarium yang pecah perlu mendapatkan perhatian yang serius karena ternyata berbahaya bagi tubuh lho. 

Gejala Kista Oviarium

Mengetahui sejak dini gejala kista ovarium yang perlu diketahui oleh para wanita.
Gejala Kista Ovarium/sumber: freepik.com/

Sebagian kasus kista ovarium gejalanya enggak timbul bahkan tidak terasa sakitMeskipun begitu ada hal yang bisa diperhatikan saat kista ovarium gejalanya mulai terasa. Agar bisa mendeteksi kista ovarium sejak dini, kamu harus mengetahui beberapa gejala yang menunjukkan kondisi ini.

Gejala umum yang terjadi adalah nyeri di area sekitar panggul maupun bagian bawah perut. Selain itu kondisi perut yang penuh dan kembung juga bisa menjadi indikasi awal terjadinya kista ovarium. Kondisi kista ovarium gejalanya yang lain adalah rasa nyeri saat berhubungan badan. Buat lebih mengetahui secara pastinya, perlu dilakukannya pemeriksaan di dokter ya. 

Penyebab Kista Ovarium

Mengetahui penyebab terjadinya kondisi kista ovarium pada diri seorang wanita.
Penyebab Kista Ovarium/sumber: freepik.com

Selain informasi umum seputar kista ovarium dan gejalanya, kamu juga perlu mengetahui penyebab terjadinya kondisi ini. Kista ovarium gejalanya yang menunjukkan nyeri area pinggul, ternyata juga serupa dengan penyebabnya yang berasal dari infeksi panggul. 

Tidak hanya itu faktor penyebab kista ovarium lain seperti kehamilan dan adanya masalah hormonal yang terjadi pada diri seorang wanita. Kista ovarium menyebabkan gangguan yang terasa enggak nyaman bagi tubuh seorang wanita yang mengalaminya.

Selain beberapa gejala yang disebutkan di atas, gangguan siklus sampai pendarahan bisa terjadi saat haid juga lho. Untuk itu penting banget buat seorang wanita untuk lebih memperhatikan tentang kesehatan dirinya dan jangan sampai meremehkan kondisi yang enggak biasa terjadi pada tubuhnya. 

Upaya Menangani Kista Ovarium

Menangani kista ovarium dengan cara alami tapi tetap mengikuti anjuran dokter.
Upaya Penanganan Kista Ovarium/freepik.com

Nah setelah mengetahui gambaran tentang kista ovarium, waktunya untuk mencari tahu upaya yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi kista ovarium ini. Ada beberapa bahan alami yang sebenarnya bisa dicoba untuk menangani kondisi iniTapi untuk lebih yakin dan agar mendapatkan perawatan yang tepat, kalau kamu merasakan beberapa gejala di atas segera berkonsultasi pada dokter ya.

Upaya penanganan awal yang bisa kamu lakukan saat merasakan nyeri di area sekitar bawah perut ataupun panggul adalah dengan cara mengompresnya. Mengompres area nyeri dengan handuk atau kain yang dicelupkan ke air hangat mampu memberikan efek rileksasi. Setelah itu segera temui dokter supaya bisa mendapatkan perawatan sesuai kondisi yang dialami. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id