sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Disangkal, 5 Hal Ini Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Patah Hati

Lifia Mawaddah Putri | Minggu, 10 Jan 2021 10:00 WIB
Jangan Disangkal, 5 Hal Ini Bisa Terjadi pada Tubuh Saat Patah Hati
caption
Jakarta -

Berakhirnya hubungan dengan pasangan adalah sumber utama patah hati. Saat mengalami hal ini, pasti banyak perasaan tak nyaman yang menghantuimu. Namun, kebanyakan orang menyangkal perasaan tidak nyaman tersebut.

Padahal faktanya, secara ilmiah kondisi ini dapat dijelaskan secara ilmiah lho! Nah, berikut ini adalah hal-hal yang umum terjadi saat seseorang mengalami patah hati. Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Rasa Sakit pada Fisik

Apakah kamu mengalami sakit fisik saat patah hati? Misalnya seperti nyeri dada, sakit perut, atau merasa seperti jantungmu benar-benar sakit.
Stres/freepik.com

Apakah kamu mengalami sakit fisik saat patah hati? Misalnya seperti nyeri dada, sakit perut, atau merasa seperti jantungmu benar-benar sakit. Nah menurut penelitian, rasa sakit yang kamu alami itu memang nyata.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa penolakan dapat mengaktifkan daerah otak yang sama dengan bagian yang merespons rasa sakit fisik.

Mengalami Kecemasan

Orang yang baru patah hati juga biasanya mengalami kecemasan. Hal ini terjadi karena pengaktifan respons "flight or fight" pada tubuh. Kemudian, kondisi tersebut menghasilkan metabolism yang lebih cepat dan peningkatan denyut jantung yang menyebabkan rasa goyah dan cemas. Selain itu, gejala lainnya yang umum dialami setelah berpisah adalah tegang otot, sakit kepala, berkeringat, mual, dan brain fog.

Imunitas Menurun

Jika hal ini terjadi, sistem kekebalan tubuh pun akan menurun. Kondisi ini juga diiringi dengan hilangnya nafsu makan yang kemudian semakin membuat tubuh rentan terpapar penyakit.
Sakit/freepik.com

Patah hati memang akan membuat seseorang merasa stres. Nah ketika tubuh mengalami stres, kondisi ini meningkatkan produksi kortisol untuk mendukung respons 'flight or fight' pada diri seseorang. Jika hal ini terjadi, sistem kekebalan tubuh pun akan menurun. Kondisi ini juga diiringi dengan hilangnya nafsu makan yang kemudian semakin membuat tubuh rentan terpapar penyakit.

Insomnia

Kondisi lainnya yang sering dialami seseorang saat patah hati adalah insomnia. Hal ini biasanya terjadi akibat pikiran yang kalut dan bercampur dengan rasa cemas. Selain itu, umumnya kebanyakan orang mengalami masalah tidur beberapa minggu pertama setelah perpisahan. Namun jika gangguan tidur yang kamu alami semakin buruk, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter ya.

Risiko Serangan Jantung

Jangan salah! Patah hati bisa membuat kamu terkena serangan jantung lho, Beautynesian.
Serangan Jantung/freepik.com

Jangan salah! Patah hati bisa membuat kamu terkena serangan jantung lho, Beautynesian. Menurut penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, patah hati bisa membuat kontraksi jantung jadi abnormal. Pemicu dari kondisi ini adalah rasa stres dan depresi berat.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id