sign up SIGN UP

LIFE

Kebiasaan Sepele Sehari-hari yang Tak Disadari Malah Bikin Kamu Stres

Dian Aprilia | Minggu, 03 Jan 2021 12:30 WIB
Kebiasaan Sepele Sehari-hari yang Tak Disadari Malah Bikin Kamu Stres
caption
Jakarta -

Tak melulu karena faktor eksternal, stres juga bisa dialami karena faktor internal atau dalam diri kita. Biasanya stres karena faktor internal ini jarang disadari oleh banyak orang, sebab mereka cenderung akan berfokus pada masalah dan hal-hal di luar dirinya serta mengabaikan faktor internal.

Kebiasaan-kebiasaan ini biasanya dianggap sepele dan dianggap hal yang normal untuk dilakukan. Padahal faktanya, kebiasaan sepele ini malah bikin kamu stres dan tidak produktif, lho. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 kebiasaan sepele sehari-hari yang bikin kamu stres:

Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan
Menunda pekerjaan/pexels.com

Menunda pekerjaan itu memang menyenangkan dan kadang kala dianggap sebagai rehat. Padahal, menunda pekerjaan malah makin membebani pikiranmu. Sebab, alih-alih bisa relaks dan istirahat dengan tenang, pikiran justru digempur dengan pekerjaan yang belum kelar. 

Daripada istirahat jadi gak total, lebih baik kamu segera kerjakan tugasmu dan menuntaskannya. Baru setelah itu kamu bisa istirahat dengan tenang dan nyaman tanpa perlu terbebani lagi dengan pekerjaan yang belum usai.  

Kebiasaan Memendam Masalah

Memendam masalah
Memendam masalah/pexels.com

Ada kalanya masalah memang baiknya disimpan sendiri, tapi kebiasaan memendam masalah dalam waktu yang lama malah bikin kamu stres sendiri lho. Tak harus berbicara kepada orang lain, kamu bisa mengungkapkan perasaan dan masalahmu dengan berbagai cara.

Seperti halnya menulis, berbicara dengan diri sendiri, dan lainnya. Intinya memendam masalah tidak membawamu pada solusi dan kelegaan, justru bikin kamu stres. Untuk itu carilah cara yang paling baik untuk mengungkapkan dan melepaskan masalah yang kamu hadapi.

Kebiasaan Rebahan yang Bikin Overthinking

Rebahan
Rebahan/pexels.com

Rebahan seolah sudah jadi kebiasaan sehari-hari bagi anak muda. Entah itu disambi dengan mendengarkan musik, merenung atau sekedar scroll media sosial. Alih-alih rehat, rebahan rentan membuat kamu stres, lho! Sebab aktivitas ini malah memancing kamu untuk overthinking dan ujung-ujungnya bikin kamu stres.

Tak pelak, kadang-kadang kamu memikirkan banyak hal negatif saat rebahan. Mulai dari masalah, kegagalan di masa lalu, patah hati dan beragam pikiran lainnya. Daripada rebahan, mending kamu ganti dengan melakukan hobi, olahraga atau berbagai kegiatan produktif dan menyenangkan lainnya.

Kebiasaan Kerjakan Segala Hal Sendiri

Mengerjakan semua hal
Mengerjakan semua hal/pexels.com

Tak semua aktivitasmu adalah pekerjaan yang penting dilakukan. Salah satu kesalahan utama orang yang seolah sibuk adalah melakukan semua hal sendiri. Hal ini tak lantas membuatmu disebut orang yang mandiri atau independen, lho. Sebab ada berbagai kegiatan yang tidak begitu penting yang bisa kamu delegasikan.

Dengan begitu kamu bisa mengambil waktu istirahat dengan proporsional sehingga bisa memelihara kesehatan fisik dan mentalmu agar tetap prima. Melakukan segala hal sendiri dan menolak bantuan orang lain malah bisa bikin kamu keletihan dan berujung pada stres.

Itulah 4 kebiasaan yang rentan bikin kamu stres. Jika sebelumnya masih sering melakukan kebiasaan itu, sebaiknya mulai sekarang ganti kebiasaan itu dengan aktivitas produktif dan istirahat agar kehidupanmu bisa seimbang dan berkualitas.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id