sign up SIGN UP

Keajaiban Sebuah Pelukan! Healing Hug untuk Kesehatan Jiwa

Ayuliy Lestari | Selasa, 24 Nov 2020 20:00 WIB
Keajaiban Sebuah Pelukan! Healing Hug untuk Kesehatan Jiwa
caption

Berpelukan tidak sekedar kegiatan romantis saja karena berpelukan ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa studi menyebutkan bahwa untuk bertahan hidup manusia membutuhkan setidaknya 4 pelukan dalam satu hari dan untuk menjaga tubuh tetap sehat maka dibutuhkan 8 kali pelukan setiap harinya.

Berpelukan adalah cara untuk menunjukkan kasih sayang, tentunya tidak hanya dilakukan oleh sepasang kekasih saja. Kamu juga bisa memberikan pelukan kepada orang tua, sahabat atau si kecil. Gerakan sepele ini bisa membantu seseorang merasa lebih tenang, aman dan nyaman.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah healing hug. Ya, pelukan memang seperti obat dan sangat menyembuhkan. Banyak manfaat-manfaat untuk kesehatan jiwa yang bisa kamu dapatkan dari sebuah pelukan. Simak yuk!

Daya Tahan Tubuh Meningkat

Manfaat sebuah pelukan
Couple/freepik.com

Berada di pelukan orang terkasih ternyata bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kamu akan lebih terlindungi dari berbagai serangan virus penyebab penyakit. Contoh yang paling terlihat, ketika seorang anak merasa tidak enak badan, dia akan membutuhkan pelukan seorang ibu atau orang tuanya untuk membantu meredakan rasa sakit.

Bahkan seorang ibu yang lebih sering memeluk buah hatinya, bisa membantu sang anak tumbuh dengan lebih baik. Setidaknya si kecil membutuhkan 12 pelukan dalam sehari untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Memperbaiki Mood

Manfaat sebuah pelukan
Hug/freepik.com

Berpelukan juga bisa membantu menurunkan tingkat stres seseorang, cara kerjanya dengan memperbaiki hormon yang dapat membantu seseorang lebih rileks dan lebih mudah terlelap. Tentu saja berpelukan dengan orang terkasih bisa memperbaiki suasana hati karena peran dari zat kimia yang bernama oksitosin akan dilepaskan oleh otak.

Memeluk orang terkasih juga bisa meningkatkan produksi hormon serotonin yang membantu membuat seseorang merasa lebih bahagia. Jadi ketika kamu merasa sangat lelah atau kesulitan tidur, cobalah untuk memeluk orang-orang yang kamu sayangi.

[Gambas:Instagram]

Menghindari Rasa Cemas Berlebihan

Manfaat sebuah pelukan
Hug/freepik.com

Saat mengalami hal-hal yang menakutkan, pelukan juga ampuh membuat kamu lebih tenang dan terhindar dari rasa takut berkepanjangan. Misalnya saja anak yang terbangun dari mimpi buruk, setelah mendapatkan pelukan dari sang ibu maka anak pun kembali terlelap karena pelukan tersebut membuatnya lebih tenang.

Tidak hanya berfungsi untuk anak-anak, kecemasan bisa terjadi pada siapapun. Orang dewasa pun akan merasakan hal yang sama. Sebaiknya, ketika kamu merasa cemas, terlalu takut tentang suatu hal maka cobalah memeluk orang terkasih agar kamu merasa lebih tenang.

Pelukan bisa dikatakan sebuah keajaiban karena memberikan efek yang luar biasa. So, mulai sekarang cobalah untuk memberikan pelukan pada orang-orang terkasih, agar mood mereka lebih baik dan daya tahan tubuh meningkat, Ladies!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id