sign up SIGN UP

LIFE

Ini Bedanya Sibuk dan Produktif, Mendingan yang Mana?

Dyah Na | Jumat, 18 Dec 2020 14:30 WIB
Ini Bedanya Sibuk dan Produktif, Mendingan yang Mana?
caption
Jakarta -

Pernah enggak sih kamu merasa sudah mengerjakan banyak hal di satu hari, tapi tidak ada hasil yang bisa kamu selesaikan? Tahu enggak, sibuk sepanjang hari bukan jaminan kalau hari kamu produktif lho, Ladies. Sibuk dan produktif memang berbeda. Cari tahu perbedaan keduanya.

 

Prioritas

Ilustrasi belajar/pexels.comBedanya orang sibuk dan orang produktif/pexels.com

Orang sibuk dan orang produktif punya cara pandang yang berbeda mengenai prioritas. Orang sibuk biasanya kesulitan memntukan prioritasnya. Akhirnya, ia menganggap semua tugasnya penting. 

Sementara bagi orang produktif, menentukan skala prioritas merupakan hal yang sangat penting. Orang produktif tahu, pekerjaan mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu, dan pekerjaan mana yang bisa ditunda pengerjaannya.

 

Fokus

Ilustrasi stres/pexels.comBedanya orang sibuk dan orang produktif/pexels.com

Orang sibuk tidak bisa mengatur prioritas dalam pekerjaannya. Maka tak heran kalau mereka terlihat tidak fokus untuk mengerjakan suatu hal. Orang sibuk lebih memilih untuk multitasking, atau mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Cara ini tidak efektif karena hanya menambah waktu kerja dan membuat hasil kerjamu jadi tidak maksimal.

Berbeda dengan orang produktif yang lebih fokus dalam mengerjakan satu hal dalam satu waktu. Saat pekerjaan yang pertama sudah selesai, ia akan melanjutkan ke pekerjaan selanjutnya. Dengan cara ini, orang produktif akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

 

Waktu Istirahat

Ilustrasi tidak produktifBedanya orang sibuk dan orang produktif/pexels.com

Waktu istirahat di sela-sela bekerja bukanlah hal yang bisa disepelekan lho, Ladies. Bagi orang sibuk, beristirahat dinilai sebagai kegiatan yang buang-buang waktu. Padahal saat tubuh lelah, kemampuan kerja kita akan menurun dan membuat waktu mengerjakan sesuatu jadi lebih lama.

Sementara orang produktif tahu kapan harus bekerja dan tahu kapan saatnya istirahat. Dengan meluangkan waktu istirahat, orang produktif akan kembali merefresh pikiran. Dampaknya, kemampuan kerja akan selalu maksimal.

 

Sistem Kerja

Cara terbaik untuk menjaga jadwal tetap terkendali saat terjebak dalam rumah/freepik.comBedanya orang sibuk dan orang produktif/pexels.com

Orang sibuk biasanya tidak punya sistem kerja yang teratur. Mereka akan mengerjakan sebanyak mungkin pekerjaan dalam satu waktu dan tak tahu kapan harus berhenti. Akibatnya, distraksi seperti notifikasi handphone akan sangat mudah mengganggunya. 

Berbeda dengan orang produktif yang memiliki sistem kerja teratur. Orang produktif akan mengatur slot waktu untuk bekerja dan beristirahat. Di saat istirahat inilah orang produktif akan membuat notifikasi handphone. Sementara di jam lain, ia akan menjauhkan handphone agar tidak mengganggu pekerjaan.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id