sign up SIGN UP

Kenali Penyebab Anosmia, dari Gejala Sampai Cara Mengatasinya

Allyoo Ri | Selasa, 13 Jul 2021 17:30 WIB
Kenali Penyebab Anosmia, dari Gejala Sampai Cara Mengatasinya
caption

Anosmia merupakan salah satu gejala yang dirasakan ketika terpapar oleh Covid – 19. Dilansir dari detikhealth, menurut studi dari Journal Internal Medicine, 86 persen pasien Covid-19 diidentifikasi kehilangan indra penciuman dan perasa atau disebut dengan anosmia. Tetapi mayoritasnya, sekitar 55 persen hanya mengalami gejala Covid-19 ringan.

Tidak Semua Anosmia Dikarenakan Covid-19

Virus corona
Virus corona/Photo by unsplash.com/@cdc

Namun, tidak semua yang kehilangan indra penciuman dan perasa dikarenakan Covid-19. Karena demam biasa pun yang kerap dialami dapat menyebabkan respons inflamasi kepada hidung yang mana akan mengurangi kemampuan seseorang untuk mencium bau.

Pada anosmia yang dialami oleh penderita Covid-19 sendiri bukan dikarenakan respon inflamasi pada hidung yang menyebabkan terganggunya indra penciuman, tetapi respons dikarenakan virus Corona melewati sawar pada darah otak atau penghalang antara pembuluh darah dan sistem saraf di dalam tubuh. Inilah yang memengaruhi sistem dan jaringan saraf yang berfungsi untuk mendeteksi bau. Virus yang masuk memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan hilangnya kemampuan seseorang untuk mencium bau.

Mengatasi Anosmia

Makanan bergizi
Makanan bergizi/Photo by unsplash.com/@brookelark

Dalam mengatasi anosmia, pertama-tama kamu bisa dengan melatih indra penciumanmu. Siapkan minyak essential atau minyak kayu putih untuk kamu hirup secara perlahan. Ini akan merangsang indra penciumanmu.

Kemudian, kamu juga harus memilih makanan untuk dikonsumsi dengan hati-hati. Jangan asal memilih makanan, pada saat mengalami anosmia kamu justru harus lebih selektif. Pilihlah makanan segar dan alami sebanyak mungkin. Mulai dari buah-buahan dan sayuran segar yang dapat kamu konsumsi rutin demi meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak perlu harus dimakan biasa hanya dengan dipotong, kamu bisa mengubahnya menjadi jus atau olahan salad agar lebih menggugah selera makanmu. Jangan sampai kamu justru semakin malas makan dan tidak memperhatikan pola makan. Karena ini sangat penting demi menjaga kondisi tubuh tetap prima di tengah anosmia.

Kondisi Tubuh yang Prima Sangat Penting Bagi Penderita Anosmia

Orang yang teengah tidur di atas tempat tidur
Orang yang tengah tidur/Photo by unsplash.com/@tsujigimi

Selain memperhatikan terkait konsumsi serta melatih indra penciuman, kamu juga harus beristirahat dengan cukup. Tidur yang cukup kemudian berjemur di pagi hari akan membantumu menjaga kondisi tubuh dengan lebih baik.

Memperhatikan asupan gizi yang seimbang serta istirahat yang cukup merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi anosmia. Jadi, jaga selalu kesehatanmu ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id