sign up SIGN UP

6 Tanaman Hias yang Bisa Bantu Memulihkan Indra Penciuman

Meydiana Adinda | Sabtu, 10 Jul 2021 16:00 WIB
6 Tanaman Hias yang Bisa Bantu Memulihkan Indra Penciuman
caption

Tak hanya membuat rumah lebih apik, beberapa tanaman hias juga bisa memulihkan indra penciuman lho, Beauties. Seperti yang kita tahu, kehilangan penciuman atau anosmia merupakan salah satu gejala umum yang ditimbulkan akibat covid-19.

Mengutip dari detikHealth, studi terbaru dalam Journal Internal Medicine mengidentifikasi bahwa 86% pasien covid-19 mengalami kehilangan indra penciuman dan perasa. Tapi kamu jangan terlalu khawatir, gejala kehilangan penciuman ini bisa diatasi dengan melatih kembali indra penciuman, yaitu dengan mencium aroma yang kuat.  

Jika kamu suka mengoleksi tanaman hias, pasti sudah tahu kalau beberapa tanaman hias memiliki aroma wangi semerbak. Tanaman-tanaman ini tentunya bisa membantu memulihkan indra penciuman yang hilang, Beauties. Penasaran apa saja tanamannya? Yuk, simak!

1. Mint

Tanaman hias untuk pulihkan indra penciuman
Mint untuk memulihkan indra penciuman/foto: freepik.com/arthurhidden

Aroma daun mint yang segar memang sudah lama dikenal sebagai aromaterapi yang dapat membuat relaks. Tapi ternyata, selain berkhasiat untuk relaksasi, mint juga bisa memulihkan indra penciuman yang hilang.

Sebuah makalah dalam jurnal International Forum of Allergy & Rhinology menyebutkan dalam melatih indra penciuman, kita disarankan mengendus empat hal yang memiliki bau khas, mudah dikenali, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah aroma mint.

2. Geranium

Tanaman hias untuk pulihkan indra penciuman
Geranium untuk memulihkan indra penciuman/foto: pinterest.com/newchicstylist

Tanaman hias lainnya adalah geranium yang memiliki aroma seperti lemon, peppermint, jeruk, hingga mawar. Dengan aroma yang semerbak, tanaman ini bisa menjadi pengharum alami rumahmu serta membantu memulihkan indra penciuman, Beauties. Bonusnya lagi, aroma geranium ini tidak disukai oleh nyamuk sehingga bisa mengusir nyamuk dari rumah.

3. Lavender

Tanaman hias untuk pulihkan indra penciuman
Lavender untuk memulihkan indra penciuman/foto: pinterest.com/etsy_UK

Aroma lavender sering kita temui dalam berbagai produk pengharum atau aromaterapi. Selain membantu meredakan stres, aroma lavender juga bisa membantu mengusir nyamuk dari rumahmu. Karena aromanya yang khas dan semerbak tersebut, tanaman hias lavender tentu bisa menjadi salah satu alternatif untuk melatih indra penciumanmu, Beauties.

Nah, untuk mengetahui tanaman hias lain yang bisa memulihkan indra penciuman, bisa klik di sini, ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id