sign up SIGN UP

Kiat Jitu Atasi Cabin Fever, Kondisi Penuh Perasaan Negatif di Tengah Pandemi

Fina Prichilia | Selasa, 13 Jul 2021 22:30 WIB
Kiat Jitu Atasi Cabin Fever, Kondisi Penuh Perasaan Negatif di Tengah Pandemi
caption
Jakarta -

Salut buat kamu yang tetap berada di rumah selama pandemi berlangsung! Meski memang tak bisa berlaku untuk semua jenis kegiatan dan pekerjaan, namun sebisa mungkin agar tetap berada di rumah, perlu diupayakan.

Tujuannya tak lain untuk menekan angka penularan covid-19. Meski begitu, memang ada dampak negatif bila kita terlalu lama tinggal di rumah.

Adalah cabin fever, yakni aneka emosi negatif dari seseorang akibat terjebak atau isolasi diri dalam waktu yang lama. Menurut Psikiater dan Spesialis Kedokteran Jiwa RS Unair, dr Hafid Algristian SpKJ., seperti dikutip dari detikNews, cabin fever dapat menjadi fenomena yang berpotensi besar muncul di masa pandemi ini.

Beberapa gejala umum itu di antaranya merasa gelisah, demotivasi, sedih berkepanjangan, dan gangguan tidur. Meski bukan masuk ke dalam gangguan psikologis, namun cabin fever juga harus diatasi dengan baik. Caranya:

1. Keluar Rumah di Pagi Hari

Menghirup udara pagi tanpa memedulikan gadget bisa menghindarkanmu dari risiko ketergantungan sepanjang hari.Menghirup udara pagi bisa menghindari kamu dari cabin fever/ Foto: Freepik.com

Maksudnya, kamu bisa menghirup udara pagi sambil berjemur di teras rumah, Beauties. Kamu juga bisa berjalan-jalan di sekitar komplek perumahan sambil menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak, ya. Sesampainya di rumah pun kamu juga perlu ganti baju dan mandi.

2. Olahraga

Lakukan Yoga atau Olahraga RinganLakukan Yoga atau Olahraga Ringan/Foto: freepik.com/interstid

Seharian di dalam rumah, bukan berarti rebahan terus. Ya, tentu saja kamu bisa berolahraga di dalam ruangan. Olahraga diketahui tak hanya baik bagi kesehatan fisik, tapi juga mental.

Kalau kamu salah satu yang mengidolakan boy atau girl band tertentu, kamu bisa memanfaatkan koreografinya untuk kamu pelajari. Olahraga pun jadi berlangsung menyenangkan.

3. Tetap Berkomunikasi dengan yang Lain

Video CallVideo Call dengan sahabat /Foto: Unsplash.com

Berada di rumah seharian, bukan berarti kamu jadi putus silaturahmi dengan sahabat dan kerabat. Kamu tetap bisa menjaga hubungan baik lewat telepon maupun video call, Beauties.

Saat kita bertukar cerita, kita jadi saling tahu kabar dan bisa saling membantu bila kebetulan ada yang membutuhkan.

4. Buatlah Rutinitas Harian

Tips Menghindari Belanja Berlebihan Menjelang LebaranMembuat rutinitas sehari-hari bisa menghindarkan dari cabin fever. /Foto: Freepik.com

Meski kamu akan beraktivitas di rumah saja, kamu tetap perlu menjaga diri agar tetap produktif on the track. Maksudnya, hindari untuk bekerja semau kamu, semisal di jam lewat tengah malam, sementara bersantai di siang hari. Jangan lupa, masukan waktu me time, melakukan hobi, dan waktu bersama keluarga, di samping kesibukan bekerja.

Dengan membuat jadwal rutinitas, kamu pun dapat tetap sibuk dan terhindar dari cabin fever selama pandemi ini.

Bila kamu merasa sudah melakukan langkah-langkah di atas tapi merasa belum juga kunjung pulih, tak ada salahnya untuk mencari bantuan profesional. Seperti menghubungi psikolog maupun psikiater.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id