sign up SIGN UP

LIFE

Lapar Tapi Enggak Nafsu Makan, Apa Sih Penyebabnya?

Ayuliy Lestari | Kamis, 10 Jun 2021 08:30 WIB
Lapar Tapi Enggak Nafsu Makan, Apa Sih Penyebabnya?
Foto: tak selera makan/freepik.com

Tidak hanya kelebihan berat badan yang bisa menjadi masalah namun ketika kamu terlalu kurus, bisa saja ada beberapa kondisi medis yang sedang kamu alami, Ladies.

Bahkan terkadang ada beberapa orang yang merasa lapar tapi tidak selera makan. Hilangnya selera makan ini juga bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, bisa karena kondisi fisik ataupun mental.

Selera makan juga bisa berkaitan dengan suasana hati, emosi dan kondisi seseorang. Nah, sebelum memutuskan mengkonsumsi penambah nafsu makan, kamu perlu tahu penyebab paling umum mengapa seseorang bisa tiba-tiba kehilangan selera makan berikut.

1. Dehidrasi

tak selera makan
tak selera makan/freepik.com

Dehidrasi atau kekurangan cairan tidak hanya tentang rasa haus. Kurangnya cairan dalam tubuh juga dapat mengakibatkan sakit kepala, mual, lelah, sampai tidak nafsu makan.

Saat cuaca terlalu panas, beberapa orang bahkan tidak nafsu makan selama berbulan-bulan. Apalagi saat cuaca panas, kamu akan mudah dehidrasi dan harus lebih banyak minum yang mengakibatkan malas makan.

2. Stres

tak selera makan
tak selera makan/freepik.com

Stres adalah salah satu pemicu mengapa kamu merasa lapar tapi tidak berselera untuk makan atau justru makan berlebihan. Saat stres, tubuh melepaskan hormon adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung, intensitas pernapasan dan memacu darah mengalir ke otot. Bahkan stres juga memperlambat pencernaan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

3. Depresi

tak selera makan
tak selera makan/freepik.com

Ketika kamu terus-menerus stres, kondisi akan semakin parah bahkan bisa berubah menjadi depresi. Depresi juga menyebabkan hilangnya nafsu makan dan merupakan penyakit mental yang serius.

Jika kamu terus-menerus merasa sedih dan tidak nafsu makan, jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter, Ladies, agar kondisi mental kamu segera pulih dan nafsu makan ikut membaik.

4. Kehamilan

tak selera makan
tak selera makan/freepik.com

Kehamilan juga membuat seseorang hilang selera makan terutama pada trimester pertama. Penyebab ibu hamil tak doyan makan adalah rasa mual. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan makan dalam porsi kecil atau rajin ngemil dan mengonsumsi buah-buahan.

5. Usia lanjut

tak selera makan
tak selera makan/freepik.com

Seiring bertambahnya usia, beberapa orang mengalami penurunan nafsu makan. Hal tersebut karena sistem pencernaan yang mulai melambat dan pengaruh hormon. Selain itu, indra penciuman, indra perasa, kesehatan gigi orang berusia lanjut juga bermasalah.

[Gambas:Instagram]

6. Pengaruh obat

tak selera makan
tak selera makan/freepik.com

Beberapa jenis obat juga dapat membuat orang kehilangan selera makan, Ladies. Misalnya seperti obat pereda migrain, depresi, penyakit paru obstruktif kronis, penyakit Parkinson dan tekanan darah tinggi. Kamu wajib konsultasi dengan dokter untuk memberikan solusi atas efek samping obat yang memicu gangguan makan tersebut.

7. Anoreksia

tak selera makan
tak selera makan/freepik.com

Anoreksia nervosa atau dikenal sebagai anoreksia adalah gangguan pola makan lantaran seseorang enggan dianggap punya berat badan berlebih. Karena ingin mempertahankan bobot tubuhnya, penderita anoreksia umumnya diet ketat sampai tidak mau makan.

Itulah beberapa penyebab merasa lapar tapi tidak selera makan yang sering dialami banyak orang. Jika masalah tersebut berlangsung lama, sebaiknya segera periksa diri kamu ke dokter, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id