sign up SIGN UP

4 Hal tentang Hormon Estrogen yang Perlu Kamu Tahu

Lulu Lukyani | Sabtu, 29 May 2021 23:00 WIB
4 Hal tentang Hormon Estrogen yang Perlu Kamu Tahu
caption
Jakarta -

Estrogen merupakan hormon yang memainkan peran penting pada tubuh wanita. Ia membantu mengembangkan dan memelihara sistem reproduksi dan karakteristik tubuh wanita, seperti payudara. Selain itu, estrogen juga berperan untuk kesehatan kognitif, kesehatan tulang, fungsi sistem kardiovaskular, dan proses tubuh esensial lainnya.

Namun, umumnya, orang mengetahuinya karena peran estrogen dan progesteron dalam kesehatan seksual dan reproduksi wanita.

Fakta seputar hormon estrogen

Estrogen merupakan hormon yang memainkan peran penting pada tubuh wanita
Estrogen merupakan hormon yang memainkan peran penting pada tubuh wanita/Freepik

Secara lebih rinci, berikut adalah fakta-fakta seputar hormon estrogen yang penting untuk diketahui, sebagaimana dilansir dari Medical News Today.

1. Jenis-jenis estrogen

Terdapat beberapa jenis estrogen, yakni estrone, estradiol, dan estriol. Estrone merupakan estrogen yang ada di dalam tubuh setelah menopause. Ia adalah estrogen yang lebih lemah dan dapat dibentuk menjadi estrogen lainnya. Kemudian, estradiol merupakan jenis estrogen yang paling umum diproduksi ketika wanita berada di masa reproduksi.

Terlalu banyak estradiol dapat menyebabkan jerawat, kehilangan gairah seksual, osteoporosis, dan depresi. Terakhir, estriol adalah hormon estrogen yang meningkat selama masa kehamilan dan membantu rahim tubuh sekaligus menyiapkan tubuh untuk proses persalinan.

2. Fungsi estrogen

Fungsi estrogen yang pertama adalah membantu merangsang pertumbuhan folikel telur. Kedua, estrogen menjaga ketebalan dinding vagina dan meningkatkan pelumasan.

Ketiga, estrogen meningkatkan dan memelihara selaput lendir yang melapisi rahim. Keempat, estrogen membantu pembentukan jaringan payudara dan membantu menghentikan aliran ASI setelah anak disapih.

3. Faktor yang memengaruhi kadar estrogen

Tingkat estrogen antar individu bisa bervariasi. Estrogen juga mengalami fluktuasi selama siklus menstruasi dan seumur hidup wanita.

Adapun faktor-faktor yang dapat memengaruhi kadar estrogen adalah kehamilan, masa pubertas, menopause, usia lanjut, obesitas, anoreksia nervosa, olahraga berat, tekanan darah tinggi, diabetes, sindrom ovarium polikistik, dan lain-lain.

4. Akibat ketidakseimbangan estrogen

Hormon estrogen yang tidak seimbang dapat menimbulkan sejumlah masalah, di antaranya adalah siklus menstruasi tidak teratur, pendarahan ringan atau berat saat menstruasi, gejala pramenstruasi atau menopause yang parah.

Kemudian, adanya benjolan non-kanker di payudara dan rahim, perubahan mood, berat badan bertambah, gairah seksual rendah, vagina kering, mudah lelah, depresi, dan kulit kering.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id