sign up SIGN UP

LIFE

List Pertanyaan Wajib Ibu Hamil di Tengah Pandemi Saat ke Dokter Kandungan

Dian Aprilia | Minggu, 10 Jan 2021 14:30 WIB
List Pertanyaan Wajib Ibu Hamil di Tengah Pandemi Saat ke Dokter Kandungan
caption
Jakarta -

Di tengah pandemi seperti ini, banyak aktivitas yang dibatasi demi mencegah penularan Covid-19. Seperti halnya kegiatan sekolah, bekerja, termasuk kegiatan di rumah sakit. Hal ini tentunya berdampak pada ibu hamil yang mengandung di tengah pandemi.

Nah agar tidak kecolongan, sebaiknya ibu hamil dan suami menanyakan hal-hal terkait kehamilan di tengah pandemi kepada dokter. Hal ini demi mencegah kasus atau kondisi yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi informasi kehamilan di tengah Covid-19 masih sangat terbatas dan perlu penelitian lebih mendalam.

Kapan jadwal pemeriksaan kehamilan selama pandemi?

Ibu hamil
Ibu hamil/pexels.com

Dibandingkan orang pada umumnya, ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi virus Covid-19 sebab daya tahan tubuh cenderung lemah. Oleh sebab itu, aktivitas di rumah sakit perlu dibatasi, lantaran RS rentan jadi tempat penularan Covid-19.

Nah saat kamu memeriksakan kehamilan, sebaiknya tanyakan ke dokter mengenai kondisi kehamilan. Serta tanyakan berapa kali idealnya memeriksakan kandungan di tengah pandemi dan jadwalnya. Karena situasi tengah pandemi, sangat mungkin jika jumlah pemeriksaan berkurang dibandingkan dengan kondisi tanpa wabah penyakit.

Bagaimana kebijakan rumah sakit terkait Covid-19?

Hospital
Hospital/pexels.com

Hal ini termasuk pertanyaan yang cukup penting untuk ditanyakan. Pasalnya, setiap rumah sakit memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda. Bahkan adakalanya rumah sakit mengubah kebijakannya setiap saat tergantung dengan kondisi pandemi di wilayahnya masing-masing.

Misalnya kewajiban menjalani tes swab sebelum melahirkan atau saat akan memeriksakan kandungan. Hal ini perlu diketahui agar ibu hamil dan suami bisa mempersiapkan dana, mental dan juga waktu untuk menjalaninya. Sebab ada beberapa kasus kematian janin dalam kandungan karena terlambat ditangani gara-gara kendala tes swab.

Apakah rumah sakit akan memisahkan ibu dari bayinya saat terinfeksi Covid-19?

Ibu dan bayi
Ibu dan bayi/pexels.com

Tidak semua rumah sakit memiliki jawaban yang sama atas pertanyaan ini, untuk itu alangkah baiknya setiap ibu hamil menanyakan hal ini kepada dokter kandungan. Apapun jawabannya, setidaknya ibu hamil dan suami bisa mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan ketika bayi dan ibu dipisah atau tidak.

Diketahui ada beberapa rumah sakit yang tidak mengisolasi bayi jika orang tuanya diketahui positif Covid-19. Sebaliknya, rumah sakit menyimpan bayi dalam inkubator isolet dan tetap mendapatkan ASI penuh dari sang ibu.

Apakah ada saran tertentu bagi ibu hamil untuk menghindari Covid-19?

Pakai masker
Pakai masker/pexels.com

Ibu hamil memiliki berbagai kondisi khusus yang membedakan dengan orang yang tidak hamil. Mulai dari segi fisik, psikologis dan lainnya yang bisa mempengaruhi daya tahan tubuh. Belum lagi, jika ibu hamil memiliki kondisi kandungan yang khusus dan riwayat penyakit berat.

Untuk itu, sebaiknya setiap ibu hamil bertanya kiat-kiat apa yang perlu dilakukan untuk mencegah Covid-19, selain protokol kesehatan pada umumnya seperti memakai masker, jaga jarak dan juga sering mencuci tangan.

Apakah proses persalinan harus di rumah sakit atau ada alternatif lain?

Lahiran di rumah
Lahiran di rumah/pexels.com

Karena di masa pandemi, aktivitas di rumah sakit jadi lebih terbatas. Ditambah lagi dengan kondisi yang rentan jadi penularan Covid-19, maka penting untuk diketahui mengenai alternatif kelahiran yang aman dan juga kondusif.

Hal ini tentunya perlu dikonsultasikan dengan dokter agar bisa memberikan pertimbangan dan saran yang tepat sesuai dengan kondisi ibu hamil dan juga rumah sakit.

Itulah 5 pertanyaan yang wajib ibu hamil tanyakan saat konsultasi dengan dokter kandungan. Tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, pakai masker dan jaga jarak ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id