sign up SIGN UP

LIFE

Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan, Sembuhkan Peradangan Hingga Atasi Rambut Kering

Lulu Lukyani | Kamis, 01 Apr 2021 21:30 WIB
Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan, Sembuhkan Peradangan Hingga Atasi Rambut Kering
caption
Jakarta -

Minyak jarak merupakan minyak nabati yang memiliki segudang manfaat. Minyak yang telah digunakan selama ribuan tahun ini merupakan ekstraksi dari biji tanaman rinicus communis.

Dalam bidang kesehatan, minyak jarak biasanya digunakan sebagai obat dan produk perawatan kulit. Selain itu, di zaman Mesir kuno, minyak jarak juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar lampu. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat minyak jarak untuk kesehatan:

1. Sebagai obat pencahar

Ilustrasi masalah pencernaan.
Ilustrasi masalah pencernaan/Freepik

Salah manfaat yang paling terkenal dari minyak jarak adalah mengatasi masalah pencernaan sebagai obat pencahar alami. Minyak jarak tergolong pencahar stimulan yang bekerja dengan meningkatkan pergerakan otot yang mendorong bahan melalui usus sekaligus membantu membersihkan usus.

Sebuah studi menemukan bahwa orang tua yang mengonsumsi minyak jarak akan mengalami penurunan gejala sembelit.

2. Sebagai pelembap alami

Ilustrasi menggunakan pelembap.
Ilustrasi menggunakan pelembap/Freepik

Terdapat asam risinoleat  dalam minyak jarak yang membuatnya berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Tak heran jika minyak jarak banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam produk kosmetik untuk meningkatkan kelembapan.

Jika ingin beralih dari lotion yang berpotensi berbahaya karena mengandung pengawet, pewarna, dan pewangi, minyak jarak adalah solusi yang tepat.

3. Menyembuhkan luka

Ilustrasi luka.
Ilustrasi luka/Freepik

Mengoleskan minyak jarak pada luka akan mempercepat penyembuhan dan menjaganya tetap lembap sehingga tidak mudah kering.

Selain itu, minyak jarak juga akan merangsang pertumbuhan jaringan yang menjadi penghalang luka dari kontaminasi bakteri atau kuman sehingga mengurangi risiko infeksi.

4. Mengobati jerawat

Ilustrasi kulit berjerawat.
Ilustrasi kulit berjerawat/Freepik

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum. Untuk mengatasinya, minyak jarak bisa menjadi bahan alami pilihan.

Mengoleskan minyak jarak pada kulit berjerawat diyakini ampuh mengurangi peradangan. Selain itu, sifat antimikroba dalam minyak jarak membantu melawan pertumbuhan bakteri di kulit.

5. Mengatasi rambut kering

Ilustrasi rambut kering.
Ilustrasi rambut kering/Freepik

Terakhir, rambut kering dan rusak bisa diatasi dengan minyak jarak yang sudah banyak dimanfaatkan sebagai kondisioner rambut alami.

Mengaplikasikan minyak jarak ke rambut secara teratur dapat melembapkan batang rambut, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi risiko kerusakan rambut. Selain itu, minyak jarak juga bisa menjadi obat yang efektif untuk mengatasi ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id