sign up SIGN UP

Mengenal Androphobia 'Ketakutan Berlebihan Pada Laki-laki', Beneran Ada?

Ade Irma Suryani | Jumat, 03 Sep 2021 21:00 WIB
Mengenal Androphobia 'Ketakutan Berlebihan Pada Laki-laki', Beneran Ada?
caption

Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan mendengar istilah fobia? Yups, istilah ini memang cukup sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Fobia itu sendiri sebenarnya adalah rasa takut yang berlebihan dan tidak realistis terhadap sesuatu, baik itu pada suatu benda, hewan, orang atau situasi.

Biasanya, ketakutan tersebut sama sekali tidak membahayakan. Hanya saja seseorang yang mengalami fobia sulit mengendalikan rasa takutnya yang tidak beralasan tersebut, sehingga memilih untuk menghindarinya. Sementara itu, ada begitu banyak fobia di dunia ini. Salah satunya adalah androphobia. 

Nah Beauties, sebelumnya pernahkah kamu melihat seorang perempuan yang takut dengan laki-laki? Melihat dan bahkan berdekatan dengan laki-laki saja bisa membuatnya merasa takut, panik, hingga berkeringat dingin. Jadi, kondisi semacam ini sendiri dikenal dengan androphobia.

Lantas, bagaimana penjelasan lebih lanjut mengenai androphobia tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Androphobia

Mengenal lebih lanjut tentang androphobia.
Mengenal Androphobia/ Foto: pexels.com/Keira Burton

Androphobia sebenarnya merupakan istilah dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani. Andros yang berarti pria dan phobos yang berarti ketakutan. Jadi, androphobia adalah fobia atau ketakutan yang berlebihan terhadap laki-laki. Ketakutan yang berlebihan dan ekstrim ini bisa membuat seseorang cenderung menghindari laki-laki. Padahal laki-laki yang dihindari tersebut sama sekali tidak bermaksud jahat. 

Androphobia umumnya terjadi pada perempuan. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada laki-laki. Bagi perempuan yang mengalaminya, tentu akan mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan dengan laki-laki, sehingga akan takut untuk menikah. 

Sementara itu, gejala fisik yang ditimbulkan dari androphobia ini ialah seperti panik, cemas, berkeringat, detak jantung cepat, tubuh bergetar, mual, sesak napas atau bahkan hingga pingsan. 

Selain itu, androphobia juga dapat terjadi pada anak-anak. Gejala yang ditimbulkan ialah dengan menangis, mengamuk, menghindari dan menolak bertemu dengan laki-laki termasuk ayahnya sendiri. 

Nah, kira-kira apa yang menjadi penyebab seseorang bisa mengalami androphobia?

Penyebab Androphobia

Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami androphobia.
Penyebab Androphobia/ Foto: pexels.com/Andres Ayrton

Androphobia ini bisa terjadi saat seseorang masih anak-anak atau remaja, lalu berlanjut hingga dewasa. Sebenarnya, masih belum diketahui secara pasti penyebab seseorang mengalami androphobia. 

Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya androphobia menurut beberapa para ahli. Seperti halnya faktor genetik, gangguan pada otak, pengalaman buruk traumatis di masa lalu yang berkaitan dengan laki-laki, dan pengaruh lingkungan.

Seseorang yang mengalami androphobia tentunya dapat mengganggu kehidupan pribadi dan kehidupan sosial. Karena itu, sangat penting dilakukan tindakan pencegahan sedari awal, seperti saat masih anak-anak. Dengan mengetahuinya lebih awal, diharapkan akan lebih cepat untuk mengatasi gangguan tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengatasi androphobia?

Cara Mengatasi Androphobia

Ada beberapa cara mengatasi androphobia.
Cara Mengatasi Androphobia/ Foto: pexels.com/SHVETS production

Cara mengatasi androphobia sebenarnya juga sama dengan cara mengatasi fobia lainnya. Beberapa cara yang dilakukan seperti psikoterapi, obat-obatan untuk mengurangi kecemasan dan panik saat menghadapi laki-laki. Selain itu, cara-cara alternatif juga dapat dilakukan untuk mengatasi kecemasan dalam hal ini, seperti halnya teknik relaksasi dan berolahraga. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id