sign up SIGN UP

LIFE

Mengenal Butterfly Hug, Terapi Emosi di Drama Korea It's Okay to Not Be Okay?

utty tuti | Senin, 20 Jul 2020 19:30 WIB
Mengenal Butterfly Hug, Terapi Emosi di Drama Korea It's Okay to Not Be Okay?
caption

Ladies, kamu salah satu penikmat It’s Okay to Not Be Okay? Ya, drama Korea (drakor) yang dibintangi Kim Soo-hyun (Moon Kang-tae) dan Seo Ye-ji (Go Moon-young) ini memiliki alur cerita menarik untuk ditonton.

Tak hanya adegan romantis kedua pemain yang bikin kita baper, namun juga mengangkat isu kesehatan mental, termasuk menjaga kestabilan emosi. Masih ingat dalam episode kedua ada adegan  Moon Kang-tae menenangkan Go Moon-young yang sedang marah dan punya niat mencelakakan orang lain?

Rupanya dalam adegan itu, Moon Kang-tae menggunakan teknik butterfly hug. Moon Kang-tae memegang kedua tangan Go Moon-young dalam posisi silang, kemudian meletakkan tangan tersebut di pundak Moon-young. 


seo ye jin It's Okay to Not Be Okay pinggang kecilseo ye jin It's Okay to Not Be Okay pinggang kecil/ Foto: https://www.instagram.com/itsokaytonotbeokay_tvn/

Metode itu juga digunakan Go Moon-young saat bermimpi buruk dan menenangkan dirinya sendiri. Go Moon-young tampak lebih tenang setelah menggunakan teknik tersebut.

Butterfly hug sendiri dikenal sebagai metode stimulasi bilateral yang telah menjadi standar praktik untuk para dokter dan tim medis dalam menangani penyintas korban bencana. Terutama, mereka yang memiliki trauma berkepanjangan setelah bencana. Metode ini dianggap cukup berhasil. 

Metode ini bisa dilakukan dengan mengosongkan pikiran sambil menyilangkan tangan di depan dada 

Cara Melakukan Butterfly Hug

Butterfly hug drama korea It’s Okay to Not Be Okay?
Butterfly hug drama korea It’s Okay to Not Be Okay?/TVN


Pertama, silangkan kedua tangan di depan dada.

Kedua, tepuk bagian pundak seperti gaya kepakan kupu-kupu. Gerakan ini dilakukan selaras dengan tarikan dan hembusan napas secara perlahan. Gerakan ini dilakukan dengan menutup kedua mata.

Ketiga, lakukan gerakan tersebut berulang-ulang kali sampai rasa gelisah hilang dan pikiran kembali tenang. Gerakannya mudah, bisa dilakukan oleh siapa saja, orang dewasa dan anak-anak dengan pendamping.

Drama Korea It’s Okay to Not Be Okay?

It's Okay to Not Be Okay berkisah tentang Moon Kang-tae, perawat bangsal kejiwaan dan Go Moon-young penulis cerita anak yang antisosial. Moon Kang Tae juga merawat kakaknya Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang mengalami sindrom autisme. Sibuk dengan kehidupannya, Moon Kang Tae tak sempat memikirkan cinta.

Sampai akhirnya dia bertemu dengan Go Moon-young, seseorang yang pernah menolongnya waktu kecil dari bahaya. Kehidupan Go Moon-young pun mulai berubah semenjak bertemu dengan Go Moon-young. Dia mulai merasakan adanya cinta.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id