sign up SIGN UP

LIFE

Mengenal Health Shaming, Contoh yang Sering Dijumpai dalam Kehidupan Sehari-hari

Dian Aprilia | Sabtu, 03 Apr 2021 13:30 WIB
Mengenal Health Shaming, Contoh yang Sering Dijumpai dalam Kehidupan Sehari-hari
caption

Selain body shaming, hobby shaming, book shaming ada juga health shaming lho! Health shaming adalah perilaku mencemooh atau memberikan komentar negatif mengenai pilihan menu makanan sehat, olahraga, diet, atau berbagai pola hidup sehat orang lain.

Meski kamu belum terlalu akrab dengan istilah health shaming ini, kamu pasti pernah sekali atau beberapa kali menjumpai realitas ini. Tanpa disadari health shaming bisa membuat orang jadi minder dengan pilihan pola hidup sehatnya dan menurunkan motivasi mereka. Untuk itu penting bagi kita menyadari hal ini agar tak mudah melakukan health shaming pada orang lain dan juga tak mudah terpengaruh saat orang lain berkomentar negatif tentang pilihan sehat kita.

Berikut beautynesia.id telah merangkum contoh perilaku health shaming yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari:

Menu Makanan Sehat

Makanan sehat
Makanan sehat/pexels.com

Pernah gak sih kamu mendapatkan komentar negatif saat kamu berusaha mengonsumsi makanan sehat? Misalnya saat kamu lebih memilih membeli salad dibandingkan dengan burger seperti teman-temanmu.  

Lalu teman-temanmu akan memandang sinis dan berkata, “Yaelah makan burger sesekali gak akan naikin berat badan kali! Emang enak makan salad setiap hari?!” dan berbagai respon lainnya. Akibatnya, kamu merasa malu dan minder dengan pilihan menu kamu. Tak sedikit pula yang kemudian mengubah menu makanannya agar dipandang positif.

Kegiatan Olahraga

Kegiatan olahraga
Kegiatan olahraga/pexels.com

Selain makanan, health shaming juga berkaitan dengan kegiatan olahraga yang kamu lakukan. Pernah gak sih kamu menerima komentar negatif saat kamu rajin berolahraga? Misalnya saat kamu memutuskan olahraga setiap hari, ada aja orang yang berkomentar, ‘Wow, kamu setiap hari olahraga ya, pasti gak ada kerjaan?!’

Selain itu, ada pula yang mencibir dan mencemooh pilihan olahraga orang lain. Contohnya, ‘Eh cewek jangan angkat beban nanti badannya kekar kayak cowok loh. Mending senam aerobik biar badannya seksi’. Padahal pilihan olahraga sangat bergantung dengan target dan kapasitas seseorang. 

Program Diet

Diet
Diet/pexels.com

Tak hanya itu, pasti bagi para cewek-cewek sering menjumpai teman yang sering mengomentari program dietmu. Misal dengan membanding-bandingkan program diet dan hasilnya dengan cara yang kamu lakukan. “Dietmu kok lambat banget? Mending kayak aku, olahraga kardio bisa turun 5 kg seminggu”

Tak hanya dalam bentuk komentar, health shaming juga bisa ditunjukkan dengan perilaku. Salah satu contohnya adalah saat kamu sudah berkomitmen untuk diet ketat, temanmu malah sering membawakan makanan enak dan tinggi kalori untuk mengacaukan dietmu. Dengan santainya ia juga berkomentar, ‘Udah dietnya besok aja. Hidup cuma sekali, nih makan aja kue favoritmu!’

Memang jika dilihat sepintas, komentar-komentar tersebut terdengar sepele. Namun komentar tersebut sangat mungkin mempengaruhi sikap dan perilakumu. Oleh sebab itu, health shaming ini benar-benar harus dihentikan.

Pola hidup sehat, mulai dari pilihan menu, pola makan, olahraga, intensitasnya, program diet adalah pilihanmu sendiri. Kamu tak perlu merasa malu atau merasa bersalah selama apa yang kamu lakukan memberi manfaat untuk dirimu dan tidak memberikan dampak negatif pada orang lain.

Jadi sehat tak harus sama dengan orang lain, be confident with your choice!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id