sign up SIGN UP

LIFE

Mentruasimu Tak Lancar? Begini Cara Mengatasinya

Verticallya S.E Pratiwi | Jumat, 16 Oct 2020 18:00 WIB
Mentruasimu Tak Lancar? Begini Cara Mengatasinya
Menstruasi/health.detik.com
Jakarta -

Setiap bulannya para perempuan harus berjuang dengan menstruasi dan segala keluhannya. Tak hanya soal rasa sakit, namun juga perubahan suasana hati, nafsu makan bahkan penampilan yang kerap kali tiba – tiba berjerawat. Repot deh pokoknya, ya gak ladies?

Tapi nih, kalau tiba – tiba menstruasi tidak datang, lewat tanggal yang seharusnya. Duh, malah makin pusing! Kenapa ya? Jangan – jangan ada penyakit? Wah, malah jadi overthinking deh!

Daripada menstruasi gak lancar dan kamu malah overthinking, mendingan cari tahu yuk cara mengatasi menstruasi yang tak lancar. Gimana? Simak di sini!


Olahraga

olahraga
olahraga/health.detik.com

Ini paling penting. Keadaan tubuh yang tidak fit, jarang olahraga atau malah tidak olahraga sama sekali akan membuat siklus menstruasimu terhambat. Jadi penting untuk mulai berolahraga secara teratur ladies. Tak perlu berolahraga berat, bisa dimulai dari olahraga yang ringan. Seperti misalnya lari pagi di sekitar rumah, push up atau sit up di rumah, main lompat tali atau bersepedai santai saat sore hari.

 

Minum Air putih

Minum
Minum air/health.detik.com

Kekurangan minum air putih, selain bisa sebabkan dehidrasi tapi juga bisa sebabkan siklus menstruasimu terhambat. Ingat untuk minum air putih 2 liter sehari ya, agar kesehatanmu terjaga. Karena selain untuk kesehatan tubuh, air putih juga bagus untuk kesehatan kulit dan siklus menstruasimu agar lancar.

 

Hindari Stress

Hindari stres
Hindari stres/wolipop.detik

Salah satu penyebab tidak datangnya menstruasi adalah dikarenakan stress. Hal ini dapat mempengaruhi produksi sel telurmu. Jika sel telur tidak diproduksi dengan baik oleh tubuhmu, bagaimana nantinya akan luruh dan terjadi menstruasi?

Jika kamu telat menstruasi atau malah beberapa bulan tidak menstruasi, coba cari waktu tenang untuk rileks. Keadaan tubuh dan jiwamu yang lebih sehat, akan sangat berpengaruh.

 

Jangan Begadang

Begadang
Jangan begadang/klik.positif.com

Kurang istirahat atau tidur sangat mempengaruhi siklus menstruasimu. Jika terlalu sering begadang, keadaan tubuhmu jadi tidak fit dan membuat peluruhan sel telur jadi terhambat. Jadi, sangat penting untuk tidur cukup. Tak hanya itu, pola tidur dan jam tidur pun harus diperhatikan karena meski jam tidur cukup, tapi polanya tidak sehat akan tetap sama saja.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id