sign up SIGN UP

LIFE

Hati-hati, 5 Kebiasaan Sehari-hari ini Bisa Bikin Mandul!

utty tuti | Kamis, 15 Oct 2020 20:30 WIB
Hati-hati, 5 Kebiasaan Sehari-hari ini Bisa Bikin Mandul!
Foto: Positive hamil/Freepik.com

Setelah menikah, pasti pasangan suami istri menginginkan keruturunan. Sayangnya hal ini terhalang pada masalah kesuburan yang dialami baik pria atau pun wanita. Kondisi ini juga cukup umum ditemui.

Dilansir dari Health.detik, ketidaksuburan atau kemandulan, bisa disebut juga infertilitas dapat terjadi karena berbagai sebab. Bahkan penyebabnya tanpa disadari dari kebiasaan sehari-hari dan kurang sehat. Kira-kira apa saja ya kebiasaan tersebut?

1. Konsumsi Junk Food Berlebihan


mengkonsumsi junk foodmengkonsumsi junk food/ Foto: Freepik.com

Sesuatu yang berlebihan bisa jadi tidak baik, sama halnya dengan junk food. Konsumsinya yang berlebihan bisa menjadikan kamu obesitas. 

Obesitas sangat berkaitan dengan kesuburan pria maupun wanita. Selain itu, kandungan asam lemak trans yang tinggi pada junk food bisa menurunkan jumlah sperma secara drastis. Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan peningkatan gula darah yang tidak baik untuk kesuburan.

2. Kebiasaan Begadang

Begadang Semalaman? Tenang, 5 Cara Ini Akan Membuat Wajahmu Tetap Segar!Begadang Semalaman? Tenang, 5 Cara Ini Akan Membuat Wajahmu Tetap Segar!/ Foto: Freepik.com

Kurang tidur atau begadang menjadi kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang. Penyebabnya banyak hal, termasuk dalam urusan kesehatan dan reproduksinya.

Dikutip dari Verywell Family, beberapa penelitian mengatakan bahwa adanya hubungan antara kurang tidur dan menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi tidak teratur ini juga bisa menjadi salah satu gejala dari infertilitas atau kemandulan.

Tak hanya itu, begadang bisa dikaitkan dengan obesitas yang menyebabkan masalah ovulasi pada wanita dan membuat sperma pria kurang sehat. Jadi, untuk kamu sepasang suami-istri ada baiknya untuk tidur yang cukup, dianjurkan untuk 7-8 jam per hari.

3. Stress

Stress bisa mempengaruhi kesehatan, termasuk reproduksi. Hal ini bisa mengganggu siklus ovulasi pada perempuan dan menurunkan kualitas serta kuantitas sperma pria.

4. Kurang Olahraga

Olahraga yang Dapat Meredakan Stres/Freepik.comOlahraga yang Dapat Meredakan Stres/Freepik.com

Olahraga baik untuk kesehatan tubuh. Saat kamu jarang berolahraga, bisa sangat berpengaruh pada kondisi organ reproduksi, karena berkaitan erat dengan obesitas. Untuk itu, kebiasaan kurang atau tidak olahraga perlu dihilangkan.

Ingat, jangan lakukan secara berlebihan juga ya! 

5. Seks Tidak Sehat

Kita semua tahu jika pemanasan itu sangat penting untuk menciptakan pengalaman seks yang lebih menyenangkan dan intim.Kita semua tahu jika pemanasan itu sangat penting untuk menciptakan pengalaman seks yang lebih menyenangkan dan intim./ Foto: Freepik.com

Seks yang tidak sehat sangat erat hubungannya dengan penyakit menular seksual (PMS), yang menjadi penyebab utama kemandulan yang bisa dicegah. Saat terjadi infeksi pada organ reproduksi karena PMS ini, bisa menyebabkan saluran tuba pada wanita tersumbat. Bahkan beberapa jenis PMS juga bisa menyebabkan keguguran dan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id