sign up SIGN UP

LIFE

Mulas Setelah Makan Pedas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anisalestari | Minggu, 13 Sep 2020 22:30 WIB
Mulas Setelah Makan Pedas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
caption

Bagi sebagian orang, makanan pedas terasa nikmat, meski membuat mulut panas dan tubuh penuh keringat. Sensasi ini justru membuat makan makanan pedas semakin menyenangkan.

Masalahnya, tak jarang perut terasa mulas setelah makan pedas. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini!

Penyebab Perut Mulas Setelah Makan Pedas 

Perut mulas disebabkan oleh senyawa capsaicin yang ada di dalam cabai. Ketika capsaicin bersentuhan dengan lidah dan dinding lambung, molekul senyawa ini akan berikatan dengan reseptor saraf yang menghantarkan sinyal nyeri menuju otak.


Kondisi tersebut menghasilkan sensasi panas dan sakit, Ladies. Saat senyawa ini sampai ke lambung, dinding lambung akan memproduksi lendir khusus untuk mencegah iritasi akibat capsaicin. Jika paparan capsaicin terlalu banyak, maka akan membuat lendir khusus itu tak terlalu ampuh lagi sehingga perut pun terasa mulas. 

Cara Mengatasi Perut Mulas Setelah Makan Pedas

1. Minum Susu 

Minumlah susu ketika perut terasa mules
Susu/ Foto: Freepik.com

Perut mulas setelah mengonsumsi makanan bisa kamu cegah dengan minum segelas susu atau yoghurt. Susu memiliki kandungan yang dapat meluruhkan capsaicin dari pencernaan sehingga dapat mengurangi rasa panas juga mules. 

2. Minum Campuran Madu dan Lemon 

Netralisir perut akibat makanan pedas dengan minuman campuran madu dan lemon
Minuman Campuran Madu dan Lemon/ Foto: Freepik.com

 

Saat perut mulas akibat dari makanan pedas, cobalah untuk meminum campuran madu dan lemon. Kandungan gula alami yang terdapat dalam madu dapat menyerap capsaicin. Sedangkan lemon yang bersifat asam dapat menetralisir capsaicin dengan cara mengikat molekulnya. 

3. Mengonsumsi Buah Bertekstur Krim 

Konsumsi buah bertekstur krim seperti alpukat dan pisang untuk mengatasi perut mules
Alpukat/ Foto: Freepik.com

Buah bertekstur krim seperti alpukat dan pisang dapat meredakan perut mulas setelah makan makanan pedas, Ladies. Tekstur yang lembut dari kedua buah ini dapat meluruhkan capsaicin di dalam perut sehingga rasa mulas pun dapat hilang. 

4. Teh Chamomile 

Redakan rasa mules dengan teh chamomile
Teh Chamomile/ Foto: Freepik.com

Terakhir, teh chamomile efektif untuk meredakan rasa mulas akibat makanan pedas. Kandungan yang terdapat dalam chamomile ampuh meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan merilekskan otot saluran pencernaan. Teh chamomile juga dapat membantu menurunkan produksi asam lambung. 

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id